Breaking News:

Berita Sitaro

Tinggi Gelombang di Perairan Sitaro Berpeluang Capai 2,5 Meter

BMKG menunjukan, tinggi gelombang di perairan laut Sitaro berpeluang antara 1,25 meter hingga 2,5 meter atau moderat.

Istimewa.
Peringatan dini gelombang tinggi yang dikeluarkan BMKG. 

Manado, TRIBUNMANADO.CO.ID - Cuaca ekstrem berupa angin kencang disertai hujan deras masih melanda Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro.

Data yang diperoleh dari Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) menunjukan, tinggi gelombang di perairan laut Sitaro berpeluang antara 1,25 meter hingga 2,5 meter atau moderat.

Dari narasi peringatan dini gelombang tinggi menyebut, Typhoon Surigae (935 hPa) pada koordinat 10.7 LU dan 131.1 BT.

Kecepatan angin pada pusat siklon mencapai 95 knot, bergerak ke arah Barat Laut sebesar 12 knot.

Kondisi ini menyebabkan terbentuknya awan konvektif serta meningkatnya kecepatan angin dan tinggi gelombang laut di sekitar perairan laut Sulawesi Utara.

Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya bergerak dari Barat Daya-Barat Laut bergerak dengan kecepatan 8-25 knot, sedangkan di Indonesia bagian selatan umumnya bergerak dari Tenggara-Selatan dengan kecepatan 6-20 knot.

Selain wilayah Kabupaten Kepulauan Sitaro, tinggi gelombang moderat juga berpeluang terjadi di wilayah Perairan Bitung-Likupang, Perairan Selatan Sulut, Laut Maluku dan Laut Sulawesi bagian Barat.

Sementara tinggi gelombang antara 2,5 meter hingga 4 meter (Rough) berpeluang terjadi di Perairan Kepulauan Sangihe, Perairan Kepulauan Talaud dan Laut Sulawesi bagian Tengah dan Timur.

Peringatan tersebut berlaku mulai tanggal 18 April 2021 pukul 08.00 Wita sampai tanggal 20 April 2021 pukul 08.00 Wita.

Atas kondisi ini, pihak BMKG mengingatkan masyarakat dan kapal-kapal yang melakukan aktivitas di daerah yang tercantum dalam daftar atau area peringatan dini ini agar mempertimbangkan kondisi tersebut.

Halaman
12
Penulis: Octavian Hermanses
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved