Breaking News:

Polemik Bupati Terpilih di Sabu Raijua

Junimart Girsang: PDIP Bela Orient Patriot Riwu Kore, Gugat Putusan MK di PN Jakarta

Merasa Orient Kore dalam Pemilihan Bupati (Pilbup) Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur (NTT) dirugikan dengan adanya MK

Kolase Tribun Manado / Istimewa
Orient Patriot Riwu Kore, Bupati Terpilih di NTT yang disebut WNA. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Merasa Orient Kore dalam Pemilihan Bupati (Pilbup) Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur (NTT) dirugikan dengan adanya putusan Mahkamah Konstitusi (MK), maka PDI Perjuangan melalui tim hukumnya akan melakukan langkah hukum.

PDIP berencana menggugat putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang mendiskualifikasi kemenangan Orient Patriot Riwu Kore dalam Pilkada Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Politikus PDIP, Junimart Girsang mengatakan saat ini pihaknya sedang berkomunikasi dengan tim hukum PDIP menyikapi putusan MK tersebut.

Politisi PDI-P Junimart Girsang
Politisi PDI-P Junimart Girsang (-)

"Arahnya begitu, kami dengan tim hukum PDIP sedang koordinasi komunikasi," kata Junimart Girsang saat dikonfirmasi, Sabtu (17/4/2021).

Sebagaimana diketahui, kemenangan Orient Kore dalam Pemilihan Bupati (Pilbup) Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur (NTT) telah dianulir MK.

Dengan demikian, pasangan Orient-Thobieas Uly gugur.

"Putusan MK Nomor 135 menyangkut keputusan KPU Kabupaten Sabu Rajua Nomor 152 menurut saya Ultra Petita. MK dengan otoritasnya menerbitkan keputusan yang otoriter," kata Junimart.

Karena itu, menurut Junimart, keputusan MK harus dikoreksi dengan cara menggugat secara perdata ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat dengan dasar perbuatan melawan hukum, karena telah merugikan hak hukum bupati terpilih secara demokrasi.

"MK berlindung dalam kemah Final and Binding. Peradilan MK tidak ada yang mengawasi sehingga putusannya lost control," katanya.

Baca juga: Kecelakaan Kemarin Siang, Wanita 52 Tahun Tewas Dilindas Truk di Samping Tol, Kepalanya Remuk

Baca juga: Prediksi Menteri Baru, PAN Masuk, Muhammadiyah, Ahok, Katanya Moeldoko Terlempar, PDIP Tambah Kader

Diketahui, Mahkamah Konstitusi (MK) membatalkan keputusan KPU Kabupaten Sabu Raijua yang menetapkan kemenangan Orient Patriot Riwu Kore-Thobias Uly.

Halaman
123
Editor: Aswin_Lumintang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved