Breaking News:

Pemkot Kotamobagu Resmi Launching Kartu Parkir Khusus Kendaraan Dinas

Kartu parkir berlanganan ini dikhususkan untuk kendaraan dinas beroda empat milik Pemerintah Kota Kotamobagu.

Theza Gobel
proses pengecekan daftar penerima kartu bebas parkir kendaraan dinas 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kotamobagu, Sande Dodo, mewakili Wali Kota Kotamobagu, Tatong Bara kala melaunching kartu parkir berlanganan, yang digagas oleh Dinas Perhubungan (Dishub), Senin (12/4/2021).

Kartu parkir berlanganan ini dikhususkan untuk kendaraan dinas beroda empat milik Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu. Launching dilaksanakan di halaman Kantor Wali Kota Kotamobagu.

Dalam sambutan Wali Kota Kotamobagu Tatong Bara yang dibacakan oleh Sande, ia menjelaskan bahwa kartu parkir kendaraan dinas ini merupakan salah satu upaya pemerintah daerah, dalan rangka meningkatkan kemampuan pembiayaan daerah Kotamobagu.

“Salah satu indikator utama yang digunakan untuk dapat mengukur kemampuan suatu daerah dalam melanjutkan otonomisasi, adalah adanya tingkat kemampuan daerah dalam hal penyerapan atau kemampuan pembiayaan agar pemerintah daerah dapat melaksanakan fungsinya secara efektif dan efisien dalam rangka pelayanan umum Kepada seluruh masyarakat,” jelasnya.

Lanjutnya, kartu parkir kendaraan ini juga merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Sebab pendapatan daerah yang bersumber dari pajak daerah juga menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan pelaksanaan pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kotamobagu, Nasli Paputungan mengatakan, terkait biaya parkir disesuaikan dengan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 06 tahun 2019.

“Besaran biaya parkir berlanganan bulanan ini hitungannya sesuai dengan peraturan daerah ini. Hitungannya 4 kali masuk dalam sehari,” ujarnya.

Dijelaskannya, sekali masuk parkir Rp 2.000. “Rp2000 dikali 4 per hari, kemudian dikali 25 hari kerja. Jadi 200 ribu per bulannya,” jelasnya.

Nasli juga menyebut pemberlakuannya setiap bulan dan masa berlakunya di perpanjang setiap tanggal 1 di bulan berjalan.  Ini adalah salah satu upaya peningkatan Pendapatan Asli Daerah,” terangnya. (*)

Ia berharap, seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) membantu penerapan kartu parkir berlangganan ini.

“Kami berharap seluruh SKPD untuk dapat membantu memberikan data kendaraan dinas roda empat dan tentu aktif dalam pelaksanaan pembayaran retribusi parkir berlanganan ini,” harapnya.

Penulis: Theza Gobel
Editor: Charles Komaling
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved