Breaking News:

RHK Sabtu 10 April 2021

RENUNGAN HARIAN KRISTEN - Lagi Lagi Tentang Petrus

Petrus lagi, Petrus lagi. Petrus memang agak agresif dibandingkan rasul-rasul yang lain. Dia sangat responsif dan reaktif

ilustrasi 

 Lukas 24:12

TRIBUNMANADO.CO.ID - Petrus lagi, Petrus lagi. Petrus memang agak agresif dibandingkan rasul-rasul yang lain. Dia sangat responsif dan reaktif bahkan proaktif terhadap setiap masalah dan dalam segala situasi dan kondisi. Ini membuat dia terkadang ceroboh. Dia cenderung berbicara dan bertindak sebelum berpikir, bukan berpikir dulu sebelum berbicara dan bertindak.

Ilustrasi renungan
Ilustrasi renungan (internet)

Tapi, tindakan Petrus kali ini jauh lebih tepat dan benar dibandingkan rasul lain yang pasif dan masa bodoh. Begitu mendengar kabar dari perempuan-perempuan yang baru pulang dari kubur Yesus, dia memberikan reaksi spontan. Sementara murid-murid yang lain, hanyut dalam ketidakpercayaan. Malah mereka menganggapnya omong kosong.

Tapi tidak bagi Petrus. Dia bangkit dan berdiri lalu dia cepat-cepat pergi ke kubur itu. Ketika dia menjenguk ke dalam kubur, terbuktilah olehnya bahwa benar-benar Yesus tidak ada lagi di sana. Hanya ada kain kafan yang tertinggal. Dia pun pergi sambil merenungkan dan bertanya dalam hatinya tentang peristiwa yang telah terjadi pada Yesus.

Baca juga: Kisah John Sung, Penginjil Berdarah Tionghoa, Tetap Setia Berkhotbah Meski Sakit Menggerogotinya

Baca juga: BACAAN ALKITAB - Respons Petrus

Demikian firman Tuhan hari ini.
  Sungguhpun demikian Petrus bangun, lalu cepat-cepat pergi ke kubur itu. Ketika ia menjenguk ke dalam, ia melihat hanya kain kapan saja. Lalu ia pergi, dan ia bertanya dalam hatinya apa yang kiranya telah terjadi. (ay 12)

Petrus mengambil langkah proaktif dibandingkan teman-temannya sesama murid Tuhan. Namun, meski dia telah menyaksikan kebenaran apa yang disaksikan oleh perempuan-perempuan itu, mata imannya belum terbuka. Dia masih bingung dan bertanya-tanya dalam hatinya sendiri, apa sebenarnya yang terjadi. Dia masih berada dalam suasana tidak berdaya dan tidak tahu harus melakukan apa.

Petrus dan rasul-rasul lain masih hanyut dalam suasana resah dan gelisah. Ketakutan masih menguasai mereka. Mereka seperti _"blanc"._ Pesan dan ajaran Yesus tak satupun yang mereka ingat. Padahal semuanya sudah Dia ingatkan kepada mereka ketika Yesus masih bersama mereka. Iman mereka masih "tertidur nyenyak." Mereka belum bisa keluar dari kotak (out of box), akibat peristiwa yang menimpa Guru mereka. Mereka belum "move on."

Sahabat Kristus, persoalan hidup apapun, janganlah menghambat mata iman kita memandang kepada Yesus. Kesenangan duniawi, jangan sampai meninabobokan kita yang dapat menutup mata kita sehingga tak mampu lagi melihat kebaikan Tuhan dan kekuatan serta kekuasaan cinta kasih Kristus dalam hidup kita. Janganlah hidup kita hanyut oleh arus pencobaan, sehingga membuat iman kita jatuh dan terjebak dalam pola hidup yang mengabaikan Kristus.

Hendaklah kita selalu introspeksi dan mawas diri. Jangan lupa diri. Jangan terbuai jebakan tipu daya iblis yang terus berusaha menghalangi kita datang kepada Kristus.

Tapi hendaklah sebagai keluarga Kristen sejati, kita senantiasa hidup dalam terang sinar kasih-Nya. Jauhilah yang jahat. Beritakanlah Injil dalam segala keberadaan hidup kita, baik atau tidak baik keadaannya.

Setiap orang yang mengaku percaya kepada Yesus, memiliki tanggungjawab melakukan kehendak-Nya. Ingatlah selalu ajaran-Nya, janganlah lupakan. Lakukanlah itu dalam segenap aspek kehidupan kita. Yesus telah bangkit, Dia telah hidup untuk kita.

Kebangkitan Tuhan Yesus hendaknya terus menjadi peringatan bahwa kita telah dimenangkan oleh Kristus dalam segala perkara dan oleh karen itu kita harus hidup berkenan kepadaNya dan selalu terus memberitakan Injil, baik atau tidak baik keadaannya. Percayalah, Tuhan Yesus menyertai dan memberkati kita dalam segala hal dan dalam segala situasi selamanya. Amin

 DOA: Tuhan Yesus, teguhkan hati kami untuk terus setia dan taat kepada-Mu dalam situasi dan kondisi yang bagaimanapun juga. Amin

Editor: Aswin_Lumintang
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved