Breaking News:

RHK Jumat 9 April 2021

BACAAN ALKITAB - Bukti Kebangkitan

Kebangkitan Yesus adalah hal yang diperdebatkan banyak orang sampai hari ini. Pertanyaan demi pertanyaan bermunculan dari mereka

istimewa
Kisah Pertemuan Yesus dan Muridnya di Emaus dan Empat Pelajaran Penting di Momen Kebangkitan 

Lukas 24:10-11
"Perempuan-perempuan itu ialah Maria dari Magdala, dan Yohana, dan Maria ibu Yakobus. Dan perempuan-perempuan lain juga yang bersama-sama dengan mereka memberitahukannya kepada rasul-rasul.
Tetapi bagi mereka perkataan-perkataan itu seakan-akan omong kosong dan mereka tidak percaya kepada perempuan-perempuan itu."
-------------------------------------------

Kisah Tomas, Murid Yesus yang Sempat Ragu dengan Kebangkitan Tuhannya
Kisah Tomas, Murid Yesus yang Sempat Ragu dengan Kebangkitan Tuhannya (istimewa)

TRIBUNMANADO.CO.ID - Kebangkitan Yesus adalah hal yang diperdebatkan banyak orang sampai hari ini. Pertanyaan demi pertanyaan bermunculan dari mereka yang meragukan peristiwa yang menjadi jantung iman Kristen ini. Bagaimanakah mungkin seseorang yang sudah mati dapat bangkit kembali? Mungkinkah para penulis Injil, termasuk Lukas, mengarang cerita tentang kebangkitan Yesus?

Peristiwa kebangkitan Yesus dikisahkan dalam keempat Injil, dan dalam mengisahkannya para penginjil memberikan banyak detil di seputar peristiwa tersebut. Salah satu detil yang disebutkan adalah nama dari mereka yang menjadi saksi kebangkitan tersebut. Lukas menyebutkan nama-nama mereka, yakni Maria dari Magdala, Yohana, dan Maria ibu Yakobus.

Injil Markus memberikan keterangan bahwa Salome juga turut serta ke kubur Yesus (Mrk. 16:1). Mereka adalah para perempuan yang selama ini mengikuti Yesus dalam pelayanan-Nya, bahkan sampai saat kematian-Nya di kayu salib.

Identitas para saksi ini memiliki arti yang sangat penting dalam menunjukkan kebenaran peristiwa kebangkitan Tuhan Yesus, dalam hal ini karena identitas para saksi adalah perempuan. Jelaslah bahwa Lukas dan penginjil lainnya menceritakan peristiwa di seputar kebangkitan Yesus apa adanya, sebab bila peristiwa tersebut dikarang dan dipalsukan, tentulah mereka tidak akan menaruh para perempuan sebagai tokoh penting yang menjadi saksi pertama kebangkitan.

Di kalangan orang Yahudi di zaman tersebut, kaum perempuan tidak dipercaya dalam hal memberi kesaksian, termasuk di pengadilan. Hal ini dikonfirmasi oleh Lukas yang menerangkan bahwa perkataan para perempuan itu dianggap sebagai omong kosong dan tidak dapat dipercaya. Namun demikian, kebangkitan tersebut akhirnya nyata bagi para murid lainnya ketika Yesus sendiri menampakkan diri-Nya kepada mereka semua. Kesaksian tentang kebangkitan yang dimulai dari para perempuan tersebut semakin menyebar luas dan bergema hingga hari ini.

Sebagai keluarga Kristen, kita dipanggil juga untuk memperlengkapi diri dalam menjawab keraguan banyak orang tentang kebangkitan Yesus, bukan hanya dengan kata-kata, tetapi juga dengan tindakan nyata supaya orang lain boleh melihat bahwa Yesus sungguh hidup di dalam kita. Amin.

Ilustrasi Kebangkitan Yesus
Ilustrasi Kebangkitan Yesus (istimewa)

DOA : Tuhan Yesus, tolonglah kami menyatakan Engkau sungguh hidup di dalam kami, supaya kami dapat menjadi kesaksian nyata bagi orang lain. Amin.

Editor: Aswin_Lumintang
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved