Berita Bolmut

Sekda Bolmut Tekankan 4 Poin Penting Dalam Penyusunan Renja SKPD Tahun 2022

kegiatan asistensi rencana kerja SKPD dimaksudkan agar satuan kerja perangkat daerah dapat menyusun perencanaan sesuai aturan perundang-undangan.

Penulis: Mejer Lumantow | Editor: Rizali Posumah
tribunmanado.co.id/Mejer Lumantow
Sekda Bolmut Asripan Nani menekankan empat point penting yang harus menjadi prioritas dalam kegiatan penyusunan rencana kerja SKPD tahun 2022. 

Manado, TRIBUNMANADO.CO.ID - Sekertaris Daerah Bolmut Asripan Nani membuka secara resmi kegiatan Asistensi Rencana Kerja (Renja) SKPD tahun 2022 dan Perubahan Rencana Strategis (Renstra) Perangkat Daerah tahun 2018-2023 Bertempat di ruang rapat Bapelitbang.

Sekda Bolmut Asripan Nani menyampaikan bahwa kegiatan asistensi rencana kerja SKPD dimaksudkan agar satuan kerja perangkat daerah dapat menyusun perencanaan sesuai dengan aturan perundang-undangan. 

"Juga selaras dengan dokumen perencanaan pembangunan lainnya Yakni RPJMD kabupaten Bolmut dan Rancangan Awal RKPD tahun 2022," kata Sekda dalam kesempatan tersebut, Kamis (8/4/2021).

Selain itu kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menjamin keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pengawasan. 

"Rencana kerja pemerintah daerah kabupaten Bolmut tahun 2022 merupakan tahun keempat pelaksanaan dari RPJMD kabupaten bolmut tahun 2018-2023, yang merupakan tahapan rangkaian dalam pencapaian indikator tujuan, sasaran dan program untuk mewujudkan visi dan misi daerah yang tertuang dalam dokumen RPJMD," papar Sekda.

Sekda juga menekankan empat point penting yang harus menjadi prioritas dalam kegiatan rencana kerja SKPD tersebut.

Ia mengurai, pertama, seluruh SKPD agar dapat menjabarkan dengan baik Visi dan Misi kabupaten Bolmut dengan sebaik baiknya.

"Dengan cara menyusun sasaran SKPD, program prioritas beserta indikator kinerjanya yang terukur, ketersediaaan data yang relevan dan rasionalisasi terget yang ada," terangnya.

Kedua, adanya perubahan paradigma pembangunan dari money follow fonciton menjadi money follow program prioritas benar benar dilakukan. 

"Jangan sampai ada program kegiatan yang direncanakan tidak berorentasi pada kemaslahatan masyarakat," tegas Sekda.

Ketiga, kata Sekda, terkait Rasonalisasi Program dan kegiatan yang secara nomenklatur tidak jelas dan tidak memiliki nilai manfaat bagi masyarakat dan tidak mendukung pencapaian visi dan misi pimpinan daerah.

"Untuk itu, keempat, Penyusunan perubahan Renstra SKPD tahun 2018-2023 harus simultan dengan penyusunan Perubahan RPJMD kabupaten Bolaang Mongondow Utara tahun 2018-2023," pungkas Sekda. (Mjr)

Atap Rumah Dinas Camat Tomini di Bolsel Sulut Rusak Akibat Tertimpa Pohon Tumbang

KKB Papua Kini Tak Berkutik Dikepung Satgas Nemangkawi, Grup Anak Aibon Papua Balas Serang Aparat

Pantas Atta dan Aurel Kegirangan, Ternyata ini Isi Kado Pernikahan dari Iriana Jokowi: Dua Sayang

Soal Tuduhan Sawit Merusak Alam, PWI Dukung Indonesia Dapatkan Keadilan dari UE

Berita tentang Bolmut lainnya.

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved