Breaking News:

Berita Sulut

Soal Perebutan Ketua DPW PAN Sulut, Pengamat: Ada Harapan Untuk Pemimpin Baru/

Pertarungan seru terjadi antara Sehan Landjar yang merupakan Incumbent dan Ayub Ali yang saat ini menjabat Sekretaris DPW PAN Sulut.

isitmewa
Pengamat Politik Josef Kairupan 

Manado.Tribunmanado.co.id - Perebutan kursi Ketua DPW Partai Amanat Nasional (PAN) Sulawesi Utara menarik diikuti.

Pasalnya pertarungan seru terjadi antara Sehan Landjar yang merupakan Incumbent dan Ayub Ali yang saat ini menjabat Sekretaris DPW PAN Sulut.

Terkait hal ini, Pengamat Politik Josef Kairupan menilai wajar jika ada persaingan.

Karena pelaksanaan pergantian pimpinan organisasi termasuk di parpol sedikit banyak akan mengguncang harmonisasi hubungan diantara para kadernya.

"Bagaimanapun juga proses pertarungan perebutan kursi pimpinan partai akan membuat kader saling berperang urat syaraf. Walaupun kecil kemungkinannya sampai terjadi perpecahan apalagi hanya ditingkat kepengurusan daerah, tetapi bisa saja terjadi sesuatu yang fatal apabila tidak diselesaikan dengan cepat dan tepat," jelas Kairupan.

Hal ini merupakan konsekuensi dari prinsip musyawarah mufakat.

"Sehingga diperlukan kebesaran hati dari setiap kader jika jagoannya menang ataupun kalah tetap mengedepankan marwah partai untuk kepentingan yang lebih besar," sambung Akademisi Unsrat ini.

Adapun dia menilai, antara Sehan maupun Ayub keduanya merupakan kader PAN yang jelas terbukti memiliki kredibilitas dan kualitas dimana rekam jejaknya selama ini berhasil menduduki jabatan publik.

Walaupun Sehan untuk saat ini tidak lagi memiliki jabatan, tetapi dimasa kepemimpinan Sehan, PAN tidak kehilangan suara artinya tetap memiliki kursi  legislatif, bahkan eksekutif walaupun tidak signifikan.

"Memang harus diakui bahwa selalu ada harapan baru bagi pemimpin baru, harapan-harapan inilah yg seringkali terstigma kepada pemimpin yang lama. Sekalipun ada banyak karya dan prestasi yg berhasil dibuat seakan-akan tidak pernah diingat lagi," terang Kairupan.

Halaman
12
Penulis: Hesly Marentek
Editor: Rhendi Umar
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved