Breaking News:

RHK Selasa 6 April 2021

RENUNGAN HARIAN KRISTEN - Berita kebangkitan

Tidak ada yang lebih baik bagi seseorang yang sedang diliputi dengan segala bentuk kecemasan dan kebingungan

stpeterstoronto.ca
Lukisan perjalanan dua murid bersama Yesus menuju ke Emaus. 

Lukas 24:4-6a
"Sementara mereka berdiri termangu-mangu karena hal itu, tiba-tiba ada dua orang berdiri dekat mereka memakai pakaian yang berkilau-kilauan.
Mereka sangat ketakutan dan menundukkan kepala, tetapi kedua orang itu berkata kepada mereka: "Mengapa kamu mencari Dia yang hidup, di antara orang mati?
Ia tidak ada di sini, Ia telah bangkit."
-----------------------------------------

Ilustrasi pemeran Maria Magdalena saat mendapat pengampunan dari Yesus Kristus dalam film The Passion of The Christ.
Ilustrasi pemeran Maria Magdalena saat mendapat pengampunan dari Yesus Kristus dalam film The Passion of The Christ. (Ilustrasi)

TRIBUNMANADO.CO.ID - Tidak ada yang lebih baik bagi seseorang yang sedang diliputi dengan segala bentuk kecemasan dan kebingungan, selain mendengar kabar gembira yang disertai dengan kepastian. Tidak adanya mayat Yesus di dalam kubur itu telah membuat para perempuan bertanya-tanya dalam kebingungan mereka. Namun di tengah pikiran dan perasaan mereka yang berkecamuk itu, tiba-tiba ada dua orang berdiri dekat mereka memakai pakaian yang berkilau-kilauan.

Dua orang ini adalah malaikat, sebab Lukas sering menggambarkan penampakan sorgawi dalam kaitan dengan sesuatu yang terang dan berkilau-kilauan (lih. juga Luk. 24:23). Melihat penampakan para malaikat ini sontak membuat para perempuan tersebut ketakutan dan langsung menundukkan kepala mereka, sebagai tanda kesadaran mereka terhadap kehadiran makhluk sorgawi dan utusan Allah.

Para perempuan tersebut tahu bahwa sesuatu pasti telah terjadi, namun pikiran mereka tidak sampai pada pikiran tentang Yesus yang bangkit. Para malaikat itu pun menyampaikan berita kebangkitan itu kepada mereka.

Dalam situasi ini, Matius 28:5-6 menunjukkan bahwa malaikat menenangkan para perempuan tersebut dengan berkata agar mereka jangan takut. Berita dalam Lukas sendiri disampaikan dalam nada yang tegas ketika malaikat berkata, “Mengapa kamu mencari Dia yang hidup, di antara orang mati? Ia tidak ada di sini, Ia telah bangkit.” Pemberitaan para malaikat ini menegaskan kepada para perempuan tersebut bahwa tidak adanya tubuh Yesus di dalam kubur itu adalah hasil dari kebangkitan-Nya. Maka pada titik inilah juga, kebingungan mereka mendapat jawaban melalui para malaikat. Yesus tidak ada di dalam kubur itu karena Ia sudah bangkit!

Sebagai keluarga Kristen, kepastian kebangkitan Yesus kiranya menghapus segala bentuk kebingungan dan ketidakpastian yang memenuhi pikiran dan hati kita. Karena Dia hidup, kita memiliki kepastian untuk menjalani hidup di tengah dunia ini sambil berpegang pada janji-janji-Nya. Amin.

DOA: Tuhan Yesus, hapuskanlah segala kebingungan dan perasaan penuh ketidakpastian yang selama ini membelenggu hidup kami. Biarlah iman kami akan kebangkitan-Mu mendorong kami untuk menghadapi hidup ini tanpa rasa takut, sebab Engkau menyertai kami senantiasa. Amin.

Editor: Aswin_Lumintang
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved