Breaking News:

Berita Bolmut

Terkait Kesiapan Pembelajaran Tatap Muka, Disdik Bolmut Siapkan Hal Ini

Pemerintah pusat menerbitkan Surat Keputusan Bersama (SKB) tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2020-2021

Mejer Lumatow/Tribun Manado
Suasana pembelajaran Luring di SDN 1 Desa Ollot Induk, Kabupaten Bolmut. 

Manado, TRIBUNMANADO.CO.ID - Pemerintah pusat menerbitkan Surat Keputusan Bersama (SKB) tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2020-2021 di masa Pandemi Covid-19.

Dalam SKB tersebut, diantaranya tertuang kebijakan pemberian izin Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di satuan pendidikan pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021 yang akan berlangsung mulai bulan Januari 2021. 

Kendati demikian, aspek kesehatan dan keselamatan peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, keluarga, dan masyarakat tetap menjadi prioritas utama.

Menanggapi hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Bolmong Utara (Bolmut) melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) telah menyiapkan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di sekolah-sekolah dalam memasuki tahun ajaran baru Juli 2021 mendatang.

Dikatakan Kepala Dinas Pendidikan Bolmut Sulha Mokodompis, bahwa untuk kesiapan sekolah dan semua satuan pendidikan sedang mempersiapkan sarana dan prasarana penunjang pembelajaran tatap muka

"Diantaranya fasilitas belajar yang nanti akan digunakan saat proses pembelajaran tatap muka, tentu dengan mengedepankan protokoler kesehatan,” jelas Mokodompis, Senin (5/4/2021).

Hal ini, kata Mokodompis, sudah dibahas dalam SOP yang sudah sejak awal dipersiapkan oleh Dinas Pendidikan Bolmut, sebagaimana rencana mendekati tahun ajaran baru 2021/2022.

"Nanti pimpinan daerah dalam hal ini Pak Bupati dan Wakil Bupati akan mengunjungi langsung setiap satuan pendidikan untuk melihat kesiapannya," terang Kadis Pendidikan.

Terkait dengan respon orangtua wali soal persetujuan kegiatan belajar tatap muka tersebut, Kadis menambahkan bahwa hal itu tergantung pilihan.  

“Jadi orang tua berhak memilih apakah anaknya ikut PTM terbatas atau ikut Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ),” tambahnya.

Sebelumnya, Bupati Depri Pontoh mengatakan, PTM di satuan pendidikan di Bolmut akan di buka setelah pelaksanaan vaksinasi bagi guru.

“Usai pelaksanaan vaksinasi bagi guru, PTM saya buka, tapi terlebih dahulu saya akan gelar rapat dengan orang tua siswa, wali murid, dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan,” kata Bupati.

Kalau orang tua, wali murid mengijinkan maka akan dibuka. Seandainya ada sebagian orang tua murid belum mengijinkan, maka siswa tersebut tetap akan menjalani proses PJJ.

“Untuk itu, saya meminta kepada seluruh kepala sekolah agar terus menjaga protokol kesehatan, serta menjaga lingkungan sekolah tetap sehat dan bersih," tutup Bupati. ( Tribunmanado/Mejer Sumual)

SUBSCRIBE YOUTUBE TRIBUNMANADO OFFICIAL:

Penulis: Majer Lumantow
Editor: Rhendi Umar
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved