Breaking News:

Berita Tomohon

Sebut Diklat PIM Penting, Toar Palilingan: Itu Untuk Tertib Dalam Rekrutmen Jabatan

Pelaksanaan Diklat PIM adalah hal yang penting bagi ASN yang akan menduduki jabatan struktural.

Penulis: Hesly Marentek | Editor: Rizali Posumah
Tribun Manado/Fineke
Toar Palilingan, Dosen Hukum Unsrat Manado. 

Manado, TRIBUNMANADO.CO.ID - Pelaksanaan pendidikan dan pelatihan kepemimpinan (Diklat PIM) menjadi hal yang diabaikan di lingkup Pemerintah Kota Tomohon.

Sebab, saat ini terdapat 14 pejabat yang tengah duduk enak di jabatan eselon II namun sama sekali belum mengkuti Diklat PIM tingkat II, bahkan ada yang tingkat III.

Lantas terkait hal ini mendapat tanggapan dari Pengamat Hukum Administrasi Negara Toar Palilingan.

Menurut Akademisi Unsrat ini pelaksanaan Diklat PIM adalah hal yang penting bagi ASN yang akan menduduki jabatan struktural, karena merupakan standar untuk mengukur kompetensi pegawai.

"Karena dari situ bakal diukur komptensi pejabat, apakah layak ditaruh di posisi saat ini atau tidak. Jangan hanya ditempatkan karena lobby," kata Toar Palilingan.

Untuk itu, pelaksanaan diklat pim sudah harus diprogramkan.

Sehingga sudah harus direncakan dari Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Tomohon agar bisa dianalisis jabatan mana yang kira-kira akan diisi oleh yang memenuhi syarat.

"Kan ada data kepegawaian, yang direkrut orang-orang yang memenuhi syarat. Kalau ada temuan seperti ini seharusnya ada tindaklanjut," terangnya.

Lebih lanjut Toar Palilingan Eselon II minimal harus punya kompotensi, kan Pim II  antara lain untuk membuat pejabat memiliki kompetensi.

"Kalau dia ekonomi, itu dipersiapkan di lingkup ekonomi. Jadi itu untuk tertib dalam rekrutman jabatan. Supaya tidak ada lagi lewat pintu belakang. Serta harus ditingkatkan sumber daya lewat kesempatan yang disiapkan pemerintah," jelas Dosen Fakultas Hukum Unsrat ini.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved