Breaking News:

111 Desa di Sulawesi Utara Rawan Narkoba

Presiden Jokowi meminta pihaknya membentuk desa bersih narkoba dimana di dalamnya terdapat sekolah bersih narkoba.

tribunmanado.co.id/Arthur Rompis
Pencanangan sekolah bersih narkoba di SMK negeri 5 Manado Senin (5/4/2021) siang. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Covid 19 memang berbahaya. Tapi jangan lupakan bahaya narkoba. Hal ini disampaikan Kepala BNN Sulut Brigjen Pol Victor Lasut.

Di jelaskan, saat ini ada seratus lebih desa di Sulut masuk kategori gawat narkoba. "Sebanyak 29 desa di Sulut masuk kategori rawan narkoba. Sebanyak 82 desa lainnya kategori cukup rawan," kata dia dalam Pencanangan Sekolah Bersih Narkoba di SMK negeri 5 Manado Senin (5/4/2021) siang.

Dijelaskan, hal yang dimaksud dengan kategori bahaya, antara lain sudah ada pengedar, pengendali, bandar, pendana, tempat jual beli, tempat menggunakan, dan ada penggunanya.

Selanjutnya dikatakan, desa atau kelurahan rawan narkoba dengan kategori bahaya tersebut tersebar pada sejumlah kabupaten dan kota di Sulut.

Terbanyak di Kota Manado dengan 14 kelurahan, diikuti Kota Kotamobagu 10 kelurahan, Kabupatan Minahasa dua desa, Kota Tomohon satu kelurahan, Kabupaten Bolaang Mongondow satu desa, Kabupaten Minahasa Utara satu kelurahan, dan Kabupaten Minahasa Selatan satu desa.

Menurutnya, atas dasar itu, Presiden Jokowi meminta pihaknya membentuk desa bersih narkoba dimana di dalamnya terdapat sekolah bersih narkoba. "Narkoba harus kita cegah masuk sekolah," katanya.

Acara tersebut dihadiri Agus Suprapto, Deputi koordinasi Peningkatan kesehatan Kementerian PMK RI mewakili Menteri PMK Muhajrin Effendy. Hadir pula Kadis Pendidikan Sulut Grace Punuh. Agus mengatakan, narkoba harus dilawan oleh para siswa.

"Caranya dengan tidak merokok atau perilaku buruk lainnya. Karena ini adalah pintu masuk menuju narkoba," katanya. (*)

Penulis: Arthur_Rompis
Editor: Charles Komaling
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved