Breaking News:

Berita Bolsel

Warga Milangodaa Utara Bolsel Gotong Royong Bersihkan Masjid Jelang Ramadhan

Menurut Kepala Dusun (Kadus) Satu Desa Milangodaa Utara Herman Yunus, tradisi ini sudah berlangsung secara turun temurun jelang ramadan.

Istimewa
Warga di Desa Milangodaa Utara, Kecamatan Tomini, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Provinsi Sulawesi Utara, (Sulut) nampah tengah membersihkan Masjid. 

Manado, TRIBUNMANADO.CO.ID -- Warga Desa Milangodaa Utara, Kecamatan Tomini, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Provinsi Sulawesi Utara, (Sulut), sambut bulan suci Ramadhan dengan aksi gotong royong membersihkan dan mengecat ulang masjid.

Hal ini dilakukan untuk membuat warga lebih nyaman saat berada di masjid

Menurut Kepala Dusun (Kadus) Satu Desa Milangodaa Utara Herman Yunus, tradisi ini sudah berlangsung secara turun temurun pada setiap menyambut bulan suci Ramadhan.

"Karena dengan suasana Masjid bersih dan rapi pelaksanaan ibadah menjadi lebih khusyuk,” ujarnya ketika dihubungi Tribun Manado, Minggu (4/4/2021). 

Selain membersihkan masjid, gotong royong tersebut juga untuk mempererat tali silaturahim antarwarga di desa Milangodaa Utara

Hal ini dimaksudkan agar pelaksanaan ibadah puasa berjalan dengan tenang, nyaman dan penuh kedamaian.

Ia menjelaskan, berbagai kegiatan yang telah dipersiapkan selama bulan suci Ramadhan, terdiri dari shalat tarawih, pengajian serta aneka kegiatan ibadah lainnya.

“Momen seperti ini salah satu cara untuk meningkatkan tali silaturrahim sesama warga yang mungkin untuk bertamu ke setiap rumah agak sulit, karena setiap warga disibukkan dengan aktivitas masing-masing,” ucap dia. 

Ia mengemukakan, tradisi gotong royong membersihkan masjid dilakukan bukan hanya pada saat menyambut bulan suci Ramdhan.

Namun juga dilakukan setiap saat sesuai dengan kondisi Masjid pada saat itu.

Halaman
12
Penulis: Nielton Durado
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved