Breaking News:

Joune Ganda: Target Baru Kita Explore Likupang

Banyak dukungan di medsos. Ada teman teman saya dari Jakarta yang turut menyebarkannya. Likupang jadi kian terkenal

Istimewa
Bupati Minut Joune Ganda jajal rute Duathlon Likupang 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Bupati Minut Joune Ganda dan Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw. Keduanya tengah beristirahat usai bersepeda sejauh 48 kilometer dari Novotel Manado menuju Desa Marinsow, Sabtu (3/4/2021) pagi.

Dari Marinsow keduanya lari 3 kilometer menuju pantai Paal. Steven dan Joune turut menyemarakkan lomba Duatlhon Likupang yang diikuti ratusan peserta lokal dan nasional.

Lomba tersebut adalah yang pertama dari series Duatlhon di lima destinasi pariwisata super prioritas di Indonesia.
Kedua pemimpin muda milenial ini perkasa mengayuh sepeda sejauh 48 Kilometer. Dekat KEK, jalan kian terjal.

Namun keduanya tetap tegar hingga dapat menaklukkan sebuah tanjakan paling terjal sebelum desa Marinsow yang dinamakan tanjakan patah hati. Joune bangga sebab lomba itu sukses.

"Banyak dukungan di medsos. Ada teman teman saya dari Jakarta yang turut menyebarkannya. Likupang jadi kian terkenal," kata dia kepada Tribun Manado Sabtu (3/4/2021) di Desa Wisata Marinsow.

Joune mengatakan, lomba ini bertujuan membangkitkan pariwisata yang terpuruk akibat pendemi. Sebut dia, awal yang baik mulai terlihat. Pengunjung mulai padat. Cafe di pantai mulai terisi. Penjualan cinderamata marak. Wahana banana boat mulai menjelajah lautan. "Kita harus bangkit," katanya.

Event tersebut dibuka oleh Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw membuka iven Duathlon Likupang, Sabtu (3/4/2021) di Hotel Novotel Manado. Steven mengatakan, iven tersebut merupakan ikhtiar warga Sulut untuk melawan Covid 19.

"Ini saatnya kita bangkit di segala aspek," katanya.
Menurut Steven, momen kebangkitan pariwisata Sulut diawali dengan event ini. Di matanya, event tersebut tidak melanggar protokol Covid-19. "Saya mewakili Gubernur Sulut mengapresiasi kegiatan ini," katanya.

Explore likupang
Saat sedang bercerita, Steven dan Joune menyadari tengah dibidik kamera wartawan. Keduanya mengangkat jari telunjuk dan jari ibu, membentuk huruf L. "Tag baru kita adalah Explore Likupang," ujar dia.

Sebutnya, Likupang mengandalkan marine tourism atau objek wisata laut. Laut Likupang memang indah. "Dan ternyata pemandangan bawah lautnya juga tak kalah indah dengan Bunaken," ujar dia.

Tapi Likupang tak hanya laut. Banyak daya tarik wisata lain yang bisa ditawarkan pada turis. Dari kuliner, tari tarian, musik hingga hutan lindung. "Kita akan bentuk training academy. Untuk melatih berbagai jenis pariwisata seperti paralayang, diving, ekowisata dan lainnya," kata dia.

Untuk hutan lindung, kata dia, akan tersambung dengan kawasan Bitung. Tempat tersebut akan menampung hewan endemik yang tidak ada di tempat lain.

"Di Labuan Bajo ada Komodo, di Likupang ada Anoa dan Yaki," kata dia. Wagub Steven Kandouw mengatakan bakal ada berbagai lomba lagi yang digelar di Likupang untuk kian mempopulerkan daerah tujuan wisata super prioritas tersebut.

"Mudah mudahan ini bukan yang terakhir. Pemprov Sulut mendukung penuh," ujarnya. (*)

Penulis: Arthur_Rompis
Editor: Charles Komaling
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved