Breaking News:

Berita Sulut

Olly Dondokambey Siap Hapus Jabatan Eselon IV, Wagub Steven Kandouw Beber Keuntungan Kebijakan Ini

Para pejabat yang sudah menempati posisi eselon IV akan dialihkan menjadi PNS Fungsional

Penulis: Ryo_Noor | Editor: Chintya Rantung
ryo noor/tribun manado
Ilustrasi kantor gybernur sulawesi utara 

MANADO, TRIBUN MANADO.CO.ID - Pemerintah Provinsi Sulut di bawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw mulai menerapkan penghapusan jabatan Eselon IV.

Kebijakan ini menyasar sekitar 500 lebih jabatan eselon IV dari total 803 jabatan. para pejabat yang sudah menempati posisi eselon IV akan dialihkan menjadi PNS Fungsional

Wakil Gubernur Sulut, Steven Kandouw mengatakan, penerapan jabatan fungsional merupakan bagian dari reformasi birokrasi yang dicanangkan pemerintah pusat.

Baca juga: Olly Dondokambey Buktikan ke Kapolri, Ini Kesan Jenderal Listyo Sigit Usai Kunjungan di Sulut

"Eselon IV akan menjadi pegawai dalam jabatan fungsional tertentu, memang paling lambat di bulan Juli nanti reformasi birokrasi kita oleh Kementerian PAN-RB sudah tidak ada lagi eselon IV semuanya dilebur menjadi pejabat fungsional," ujarnya kepada tribunmanado.co.id, Sabtu (3/4/2021).

Steven mengatakan, jadi pejabat fungsional ada keuntungannya juga.

Misalnya masa pengabdian sebagai PNS jadi lebih panjang. Pejabat struktural biasanya pensiun di usia 58 tahun, pejabat fungsional pensiun di usia 60 tahun

"Jika berprestasi bisa dipertimbangkan pensiun di usia 65 tahun," ujar Wagub 

Steven Kandouw dengan gayanya blak-blakan sempat-sempatnya juga berseloroh soal ambil kredit di bank.

Harusnya, kalau usia pengbdian lebih panjang maka bisa berpeluang lagi ambil kredit di Bank

Dia pun menyampaikan pesan dari Gubernur Sulut Olly Dondokambey, di mana pun PNS ditempatkan selalu bekerja profesional, dan menjaga integritas.

“Di sisi lain ada yang namanya reward tapi jangan lupa ada juga punishment, arahan dari bapak Gubernur selalu menyampaikan bagaimana kita dituntut untuk bekerja profesional, sebagai PNS kita harus banyak bersyukur oleh karena walaupun ada dalam situasi pandemi Covid-19 profesi yang paling bertahan adalah sebagai PNS,” ungkapnya.

Hapus Eselon IV

Pemerintahan Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw menerapkan kebijakan menyangkut kepegawaian 

Jabatan Eselon IV di struktural Pemerintahan Provinsi Sulut bakal dihapus.

Dari 803 jabatan eselon IV, Pemprov Sulut hanya akan menyisakan sekitar 300 di antaranya. 500 lebih diantaranya bakal dihapus. Para pejabat tersebut akan dialihkan menjadi PNS fungsional.

"Ini sesuai ketentuan Peraturan Menteri PANRB (Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi)," kata Asisten Administrasi Umum Setda Provinsi Sulut, Asiano Gemmy Kawatu, Jumat (2/4/2021).

Namun, para PNS tersebut tak perlu khawatir, Kawatu mengatakan jabatan fungsional tetap berhak mendapatkan gaji dan tunjangan setidaknya sama dengan jabatan struktural

Ia menjelaskan, jabatan eselon IV yang akan dieprtahamkan itu ada Sekretariat Daerah dan di masing-masing perangkat daerah.

Semisal di perangkat daerah ada Sekretaris, mereka dibantu jabatan eselon IV yakni Kepala Sub Bagian Kepegawaian dan Kepala Sub Bagian Keuangan.

"Kepala sub bagian menangani kepegawaian dan keuangan,jabatan eselon IV ini tetap diakomodir," ujarnya.

Kebijakan ini sudah dikaji, kata Kawatu, pekan depan akan diajukan pimpinan, mudah-mudahan disetujui pusat,

"Paling lambat Juni-Juli sudah efektif berlaku," ujarnya

Sebenarnya, kebijakan ini bukan barang baru, beberapa Perangkat Daerah sudah memberlakukannya. Contohnya di inspektorat, eselon IV banyak yang sudah jadi pejabat fungsional.

Lalu, bagaimana dengan jenjang karir para PNS? Kawatu mengakui, posisi struktural mungkin para PNS naik ke posisi teratas. Pejabat fungsional tetap berkesempatan menduduki jabatan struktural semisal eselon III dan eselon IV.

"Tetap dimungkinkan masuk kembali ke struktural," ujarnya. (ryo)

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved