Breaking News:

Pekerja Migran Indonesia

Bupati Minut & BP2MI Manado Sepakat Kerja Sama Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia

Makalalag menjelaskan tentang amanat UU Nomor 18 tahun 2017 tentang Pelindungan Pekerja Migran Indonesia khususnya pasal 41.

Istimewa
Pertemuan Bupati Minut, Joune Ganda dan Kepala BP2MI Manado, Hendra Makalalag, Kamis (01/03/2021). 

Manado, TRIBUNMANADO.CO.ID -  Bupati Minahasa Utara, Joune Ganda sepakat menjalin kerja sama dengan Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI).

Hal itu diutarakan Joune Ganda saat menerima kunjungan Kepala UPT BP2MI Manado, Hendra Makalalah dan jajaran, Kamis (01/04/2021).

Makalalag menjelaskan tentang amanat UU Nomor 18 tahun 2017 tentang Pelindungan Pekerja Migran Indonesia khususnya pasal 41 dimana  pendidikan dan pelatihan calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) menjadi tugas dan tanggung pemerintah daerah kabupaten kota.

Hendra menyebut, sejauh ini baru ada dua pemerintah daerah kabupaten/kota yang telah melaksanakan amanat UU nomor 18 tahun 2017 ini yaitu pemerintah daerah Kabupaten Kepulauan Talaud dan pemerintah daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Lebih lanjut Hendra juga menyampaikan usulan pembentukan Kampung Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Minahasa Utara.

“Adanya Kampung PMI dapat menjadi ajang untuk memberdayakan, meningkatkan pelindungan dan pelayanan terhadap calon PMI, PMI dan keluarga PMI," ujarnya.

Selain itu dapat juga berfungsi sebagai pusat edukasi bagi calon PMI. Apalagi, Minahasa Utara, khususnya Likupang telah ditetapkan sebagai destinasi wisata super prioritas.

"Pembentukan kampung PMI pastinya akan membawa dampak positif baik bagi PMI maupun bagi pemerintah daerah,” ungkap Hendra.

Bupati Minut, Joune Ganda berkomitmen menyelenggarakan pelatihan dan pendidikan bagi CPMI asal daerahnya serta membangun kampung PMI.

“Sudah sepatutnya pemimpin melaksanakan apa yang terbaik untuk rakyatnya. Sesuai dengan amanat UU nomor 18 tahun 2017 yang telah disampaikan oleh kepala UPT BP2MI Manado maka kami komitmen melaksanakannya," jelas Joune.

Halaman
12
Penulis: Fernando_Lumowa
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved