Breaking News:

RHK Kamis 1 April 2021

RENUNGAN KRISTEN - Di Luar Tuhan adalah Hampa

Dunia selalu menawarkan kemegahannya. Manusia terpikat dengan tawaran dunia. Kekuasaan, hedonisme, konsumerisme

Editor: Aswin_Lumintang
RENUNGAN KRISTEN - Di Luar Tuhan adalah Hampa
Istimewa
Renungan

Lukas 23:30
TRIBUNMANADO.CO.ID - Dunia selalu menawarkan kemegahannya. Manusia terpikat dengan tawaran dunia. Kekuasaan, hedonisme, konsumerisme yang adalah "anak-anak" dari sekulerisme, menjadi goal utama manusia. Merakapun menyangkapnya, tapi mereka menikmatinya.

Maka kekuatan manusia baik karena kekuasaannya maupun karena harta kekayaannya, menjadi pujaan, idola dan ilah baru. Manusia dengan segala kekuatannya itu menjadi sandaran sesamanya. Orang-orangpun mengagungkan sesamanya dalam kekuasaan dan kekayaannya.

Baca juga: SKOR Jerman VS Makedonia Utara, Pemegang 4 Titel Juara Dunia Kalah Dari Tim Peringkat ke 65 FIFA

Baca juga: Hasil Kualifikasi Piala Dunia - Jerman Dipermalukan Makedonia Utara, Tim Peringkat Ke-65 FIFA

Inilah kesesatan yang selalu disangkal oleh "kaum penyembahnya" padahal mereka menikmatinya bersama, baik penguasa dengan segala kemegahannya maupun para pengikutnya.
Manusia sudah dituhankan, selain alam, gunung-gunung, bukit-bukit, pohon-pohon dll, yang semuanya sesungguhnya adalah ciptaan dan milik Allah.

Renungan Harian Kristen
Renungan Harian Kristen (Istimewa)

Itulah kehampaan dan kesia-siaan. Semuanya itu akan berakhir. Maka, malapetaka akan menimpa dan mencelakakan mereka. Ketika itulah mereka sadar bahwa aegala sesuatu di luar Tuhan adalah hampa dan hanyalah kesia-siaan belaka. Merekapun teraesak dan berharap biarlah mereka tertimbun oleh bukit-bukit kekuasaan dan kekuatan yang semu itu. Biarlah mereka tertimbun olehnya.

Demikian firman Tuhan hari ini.
_ Maka orang akan mulai berkata kepada gunung-gunung: Runtuhlah menimpa kami! dan kepada bukit-bukit: Timbunilah kami! (ay 30)_

Ungkapan Yesus ini merupakan kutipan tentang pengalaman bangsa Israel yang mengandalkan kekuatan bangsa-bangsa lain dan pada bukit-bukit pengorbanan serta berhala-berhalanya. Semua kekuatan itu hampa dan tak betdaya karena tak mampu menolong bangsa itu (Hosea 10:8).

Maka Yesus mengingatkan kembali kepada bangsa Israel tentang perjalanan mereka di waktu lalu yang abai dengan firman Tuhan. Mereka melawan Tuhan dan menyusun kekuatan baru dengan bersandar pada kekuatan di luar Tuhan, yakni menyembah berhala. Merekapun merasakan kehampaan dan kesia-siaan bahkan penderitaan berkepanjangan karena meninggalkan Tuhan.

Sahabat Kristus, dunia menawarkan banyak kesenangan yang adalah semu. Terkadang kita terjebak dalam kepalsuan dunia, hingga kita 'mengilahkan' yang kita kagumi, kita senangi dan idolakan. Pejabat, penguasa, pengusaha, gadget, bermedsos dan berbagai kesenangan dunia lainnya telah merampas hak Tuhan atas kita. Kita abai pada kewajiban kita kepada Tuhan. Kita pun jatuh dalam pelukan dosa dan ilah zaman now.

Hati-hatilah, jangan sampai kita menjadi korban medsos. Awas jangan gadget merusak kesehatan kita. Awaslah jangan sampai penguasa/pejabat tempat kita berlindung dan mendapat kenikmatan, bermasalah dan menjadi masalah kita bersama. Hati-hatilah jangan sampai karena mabuk harta kekayaan, oleh keserakahan, akhirnya anda binasa olehnya.

Maka sebelum semuanya terlambat dan habis waktunya, bertobatlah dan baliklah pada Bapa. Dia menunggu kita dalam kesetiaan. Dia siap mengampuni dosamu, berbaliklah.
Jangan keraskan hati. Jangan egois, akibatnya badan dan jiwa binasa. Bertobatlah dan bertekunlah di dalam Dia, sebagaimana cara hidup orang benar dan takut akan Tuhan.

Kita memang menderita. Tapi ingatlah Tuhan Yesus sekali-kali tidak akan meninggalkan kita. Dia pasti selalu menjaga dan memelihara kita dalam segala hal dan dalam segala situasi, kondisi dan waktu. Berjalanlah bersama Tuhan meski harus menderita. Dia pasti menggendong dan memberkati kita secara luar biasa.
Percayalah, tiada Tuhan seperti Yesus yang amat sangat mahakasih. Marilah kita sebagai keluarga Kristen, berlindung pada Yesus. Dialah kekuatan Sejati. Dialah Tuhan dan Juruselamat dunia satu-satunya. Sebab Dia pemegang kunci pintu sorga.

Introspeksi dirilah dan benahilah diri kita. Jangan sombong dan merasa diri benar. Tapi milikilah hati sebagai hamba dan hiduplah di dalam Kristus. Dia pasti melindungi dan menjauhkan kita dari marah bahaya, malah memberkati kita dan memahkotai kita dengan mahkota kehidupan kekal selamanya. Amin

 DOA: Tuhan Yesus, jauhkan kami dari cara hidup yang mengkhianati Engkau tapi pakailah kami hidup lebih heran lagi sesuai kehendak-Mu. Amin

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved