Breaking News:

KEK Pariwisata Likupang

Rizya Ganda Dorong Kerajinan Tangan di Lokasi KEK Pariwisata Likupang

Rizya Ganda Davega dalam kunjungannya ke Desa Kinunang, Kecamatan Likupang Timur, Kabuayen Minahasa Utara untuk menghadiri Rapat Koordinasi Dekranasda

Istimewa
Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Rizya Ganda Davega 

Manado, TRIBUNMANADO.CO.ID - Konsep pengembangan KEK Pariwisata di Likupang, Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) adalah memberdayakan warga sekitar objek wisata.

Warga tak hanya jadi penonton, tapi menjadi bagian integral dari pembangunan pariwisata itu sendiri.

Hal itu ditegaskan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Rizya Ganda Davega dalam kunjungannya ke Desa Kinunang, Kecamatan Likupang Timur, Kabuayen Minahasa Utara untuk menghadiri Rapat Koordinasi Dekranasda Pariwisata Provinsi Sulawesi Utara dan Kabupaten Minahasa Utara Untuk KEK Likupang, Selasa (30/3/2021).

Rizya didampingi wakil ketua TP PKK Minut Ibu Kristi Karla Arina. Nampak pula Kadis Kearsipan dan Perpustakaan Minut Femmy Pangkerego.

"Dekranasda dalam hal ini mendorong masyarakat untuk memproduksi seni kerajinan untuk mendukung KEK pariwisata," kata dia kepada Tribun Manado Rabu (31/3/2021). 

Tak hanya memproduksi, ujar dia, masyarakat perlu tahu kiat memasarkan produk kerajinan tangan tersebut. 

Sebut Rizya, Dekranasda Minut terus mendukung program Dekranasda Provinsi Sulawesi Utara di bawah kepemimpinan Rita Dondokambey Tamuntuan yakni Sulut sebagai daerah tujuan wisata berbasis kearifan lokal dengan produk kerajinan menjadi sektor penggerak utama. 

Ujar dia, hajatan tersebut sebagai persiapan kegiatan gebyar dekranasda awal April nanti.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh para ibu ibu. Mereka tampak antusias mendengar penuturan Rizya. Protokol kesehatan ketat diberlakukan. 

Warga sekitar KEK pariwisata mempersiapkan aneka kerajinan tangan untuk menyambut iven Duathlon 3 April 2021 mendatang.

Halaman
12
Penulis: Arthur_Rompis
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved