Breaking News:

Berita Bolsel

107 Orang di Pintim Kabupaten Bolsel, Jadi Target Penuntasan Buta Aksara

ada 107 orang di Kecamatan Pintim yang menjadi target untuk penuntasan buta aksara atau yang tidak dapat membaca dan menulis.

Istimewa
Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kabupaten Bolsel, Sulawesi Utara (Sulut), baru saja menyelesaikan pendataan buta aksara di Kecamatan Pinolosian Timur. 

Manado, TRIBUNMANADO.CO.IDSanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kabupaten Bolsel, baru saja menyelesaikan pendataan buta aksara di Kecamatan Pinolosian Timur, Bolsel, Sulawesi Utara (Sulut).

Menurut Kepala SKB Bolsel, Mohammad Nasir Hondango ada 107 orang di Kecamatan Pintim yang menjadi target untuk penuntasan buta aksara atau yang tidak dapat membaca dan menulis.

Pria yang biasa disapa Pepen itu menuturkan, jumlah tersebut berdasarkan pendataan yang dilakukan pihaknya mulai dari tanggal 23-26 Maret 2021.

"Jadi pendataan ini dilakukan untuk menjadikan wilayah Pintim sebagai proyek percontohan (pilot project) penuntasan buta aksara," kata dia ketika dihubungi Tribun Manado, Rabu (31/3/2021). 

“Dari 107 warga ini nanti akan dipetakkan, karena akan dipisah mana yang umur 25 tahun ke atas dan 25 tahun ke bawah,” tambah dia. 

Ia pun merinci sejumlah desa di Pinolosian Timur yang terdapat buta aksara.

Diantaranya: Desa Perjuangan (20 orang), Posilagon (18 orang), Dumagin A (13 orang), Modisi (12 orang).

Kemudian Desa Iligon (10 orang), Dumagin B (9 orang), Dayow (8 orang), Pidung (7 orang), Onggunoi Selatan (5 orang) Matandoi (3 orang) dan Matandoi Selatan (2 orang).

Menurutnya, metode pembelajarannya dilihat berdasarkan jumlah buta aksara di setiap desa. 

Misalnya 1 Tutor ini akan bertanggung jawab kepada 10 orang.

Halaman
12
Penulis: Nielton Durado
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved