Breaking News:

Berita Bolmut

Bolmut Masuk Nominator Penghargaan APE, Lasena: Ini Suatu Kebanggaan Pemerintah dan Masyarakat

Kabupaten Bolmut telah menempatkan kebijakan Pengarustaman Gender menjadi perhatian khusus sejak diterbitkannya peraturan bupati nomor 7 tahun 2020.

tribunmanado.co.id/Mejer Lumantow
Wabup Bolmut Amin Lasena mengikuti rapat verifikasi pemberian Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, Tahun 2021. 

Manado, TRIBUNMANADO.CO.ID - Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Provinsi Sulut masuk nominator pemberian Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, Tahun 2021.

Hal ini disampaikan Wakil Bupati (Wabup) Bolmut Amin Lasena bahwa terpilihnya Kabupaten Bolmut masuk nominator tersebut merupakan suatu hal yang membanggakan.

VIRAL Video Nissa Sabyan Elus Perut yang Makin Membesar, Mbah Mijan: Bentar Lagi Bakal Punya Cucu

DAFTAR Daerah Berpotensi Terjadi Hujan Besok Rabu 31 Maret 2021, Info BMKG

Dikabarkan Meninggal, Ini Sosok Aktor Senior Wawan Wanisar, Pemeran Pierre Tendean di Film G30S/PKI

Dirinya pun menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, khususnya Deputi Bidang Kesetaraan Gender yang telah memilih Kabupaten Bolaang Mongondow Utara sebagai salah satu Nominator Calon Penerima Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tahun 2021. 

"Capaian ini menjadi kebanggan sekaligus kebahagiaan bagi kami pemerintah daerah dan masyarakat karena baru pertama kali ini berhasil masuk dalam nominasi dan alhamdulillah saat ini sudah pada tahapan verifikasi lapangan pemberian penghargaan anugerah parahita ekapraya tahun 2021," ungkap Lasena, Selasa (30/3/2021).

Melihat hal itu, kata Lasena, Kabupaten Bolmut telah menempatkan kebijakan Pengarustaman Gender menjadi perhatian khusus sejak diterbitkannya peraturan bupati nomor 7 tahun 2020 tentang pedoman pelaksanaan pengarustaman gender dalam pembangunan di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.

Kemudian ditindaklanjuti dengan surat edaran Bupati tentang Pelaksanaan Perencanaan Penganggaran Resposif Gender (PPRG) dilingkup Organisasi Perangkat Daerah

Dan surat edaran Bupati tentang Pelaksanaan Perencanaan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) di Desa/Kelurahan di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara

"Komitmen Pemerintah Daerah untuk mendorong percepatan pengarusutamaan gender telah tertuang secara nyata dalam RPJMD 2018-2023, melalui salah satu misi yaitu mewujudkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas dan berbudaya," jelas Lasena.

Tujuannya, terang Lasena, yaitu meningkatkan kualitas sumberdaya manusia, melalui tiga indikator sasaran yaitu Indeks Pembangunan Manusia (IPM), tingkat kemiskinan dan rasio ketergantungan (defedency ratio). 

"Nah Indikator ini kemudian dituangkan dalam strategi yaitu meningkatkan pelayanan, advokasi dan kie keluarga berencana pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak," sebutnya. 

Halaman
12
Penulis: Majer Lumantow
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved