Breaking News:

Berita Bolsel

Jelang Bulan Suci Ramadhan, Disperindagkop Bolsel Antisipasi Kenaikan Bahan Pokok

Hal ini dikatakan Kepala Disperindagkop Bolsel Alsyahfri Kadullah melalui Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan, Nabila Moha.

Istimewa
Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan di Disperindagkop Bolsel Nabila Moha. 

Manado TRIBUNMANADO.CO.ID - Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi (Disperindagkop) dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), bakal mengantisipasi kenaikan harga bahan pokok menjelang bulan suci Ramadhan.

Hal ini dikatakan Kepala Disperindagkop Bolsel Alsyahfri Kadullah melalui Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan, Nabila Moha

Menurutnya antisipasi harga Bapok jelang Ramadhan memang perlu dilakukan. Karna pasti sudah menjadi tradisi bahwa menjelang Ramadhan ada kenaikan harga yang siginifikan.

"Tetapi kami yakin bahwa di Bolsel tidak akan terlalu jauh dari kenaikan harga saat ini, dan masih bisa dijangkau oleh daya beli masyarakat,” ujarnya Jumat (26/3/2021) melalui saluran telepon. 

Berdasarkan data pihaknya, terdapat 3 bahan pokok yang saat ini tengah mengalami kenaikan.

Diantaranya: Cabe Rawit 38 persen (Rp75.000 per kilogram), Tomat 17 Persen (Rp10.000 per kilogram) dan Kemiri 11 Persen (Rp40.000 per kilogram). 

Namun, untuk cabe rawit katanya, secara nasional harganya saat ini mencapai Rp 99.000 perkilogram.

Melihat perkembangan harga bahan pokok di Bolsel periode 2021 pada triwulan 1, semeseter 1 ini masih tergolong stabil. 

"Artinya bahwa, harga bahan pokok masih dapat kami kontrol dengan baik sehingga tidak terjadi permainan harga oleh para pedagang maupun pengepul,” kata dia.

Nabila menuturkan, khususnya untuk 9 bahan pokok dan produk ikutannya masih di ambang batas kemampuan daya beli masyarakat. 

Halaman
12
Penulis: Nielton Durado
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved