Breaking News:

Keterisian Kargo Direct Call Manado-Tokyo Belum Maksimal

Kepala Perwakilan BI Sulut, Arbonas Hutabarat mengatakan, keterisian kargo direct call Manado-Tokyo belum diutilisasi maksimal.

fernando lumowa/tribun manado
Pengiriman komoditas perikanan dan pertanian dari Bandara Sam Ratulangi Manado, Rabu (14/10/2020). Komoditas dikirim langsung ke Bandara Narita, Tokyo Jepang menggunakan penerbangan kargo Garuda Indonesia. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Bank Indonesia terus mendorong agar aktivitas direct call (ekspor langsung) ke Jepang bisa dimaksimalkan.

Kepala Perwakilan BI Sulut, Arbonas Hutabarat mengatakan, keterisian kargo direct call Manado-Tokyo belum diutilisasi maksimal.

"Dari kapasitas kargo yang mencapai 35 ton, rata-rata keterisian kargo baru di angka 15,77 ton," ujar Arbonas dalam FGD Peluang Ekspor Komoditas Perikanan dari Kawasan Timur Indonesia (KTI) ke Jepang yang berlangsung via Zoom Meeting, Kamis (25/03/2021).

Ekspor langsung ini membawa komoditas perikanan dan pertanian dari Sulut dan daerah sekitar seperti Malut, Maluku dan Gorontalo.

Di Sulut sendiri, direct call Manado-Tokyo telah menampung 44,92 persen ekspor Sulut ke Jepang yang dikirim melalui angkutan udara.

Arbonas bilang, melihat capaian selama ini, perlu didorong agar jalur interkoneksi dari Manado ke KTI bisa dimaksimalkan.

"Tidak bisa lagi bergantung hanya dari Sulut, Malut, Maluku dan Gorontalo. Ke depan bisa ambil komoditas dari Papua, Papua Barat dan Sulteng. Konektivitas udaranya ada," ujar Arbonas.

Menurutnya dia, selama ini jalur koneksi udara itu belum dimaksimalkan untuk meningkatkan ekspor ke Jepang.

Sejauh ini, ketersediaan penerbangan langsung dari dan ke Manado ke sejumlah provinsi di KTI, yakni Manado-Gorontalo, Manado-Ternate, Manado-Sorong, Manado-Halmahera Utara (Kao) dan Manado-Timika.

Jam berangkat pesawat Garuda Indonesia pada pukul 23.30 Wita setiap hari Rabu justru merupakan kesempatan besar untuk meningkatkan volume ekspor.

Halaman
12
Penulis: Fernando_Lumowa
Editor: Charles Komaling
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved