Breaking News:

Berita Bolmut

Evaluasi Kegiatan Teknis Penyusunan LKIP, Rachmat Pontoh Minta Perangkat Daerah Tingkatkan Capaian

Penyusunan LKIP di masing-masing perangkat daerah menjadi perhatian pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut).

Penulis: Mejer Lumantow | Editor: Rizali Posumah
tribunmanado.co.id/Mejer Lumantow
Asisten Pemerintahan dan Kesra Bolmut, Rachmat Pontoh. 

Manado TRIBUNMANADO.CO.ID - Penyusunan Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKIP) di masing-masing perangkat daerah menjadi perhatian pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut).

Hal ini disampaikan Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Rachmat R Pontoh SH MSi, Kamis (25/3/2021).

Kondisi Kesehatan Nia Ramadhani Dibeber Theresia Wienathan: Akan Check Up Lagi ke Amerika

Pria Minsel Lakukan Pelecehan Terhadap Gadis Gangguan Mental di Perkebunan Jagung

Masih Ingat Wisma Atlet Hambalang? Korupsi Rp 706 Miliar, Kini Terbengkalai Bak Bangunan Berhantu

Rachmat mengatakan pertanggungjawabkan pelaksanaan tugas pokok, fungsi serta kewenangan pengelolaan sumber daya harus didasarkan pada suatu perencanaan strategik yang ditetapkan oleh masing masing instansi.

"Hal ini sebagaimana intruksi presiden nomor 7 tahun 1999 tenteng akuntabilitas kinerja instansi pemerintah, yang mewajibkan kepada setiap instansi pemerintah sebagai unsur penyelenggara pemerintah negara," kata Pontoh, sebagaimana yang dia sampaikan juga dalam kegiatan Workshop Teknis Penyusunan Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKIP) dan Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi.

Lanjutnya, wujud pertanggungjawaban yang dimaksud berupa laporan yang disampaikan kepada atasan masing masing, lembaga-lembaga pengawasan dan penilaian akuntabilitas dan akhirnya disampaikan kepada presiden selaku kepala pemerintah.

"Intinya laporan tersebut menggambarkan kinerja instansi pemerintah yang bersangkutan melalui sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (SAKIP)," jelas Pontoh kepada tribunmanado.co.id.

Sementara, kata Pontoh, untuk sistem SAKIP menuntut kepemimpinan yang baik, tangguh, dan transparaan serta memiliki visi jauh kedepan dan mampu memotivasi seluruh jajaran di instansinya masing masing untuk merealisasikan visi dan misi organisasi.

Melihat evalusai SAKIP pemerintah kabupaten Bolmut dalam kurun waktu tiga tahun terakhir ini, memperlihatkan tren peningkatan nilai setiap tahunnya, tahun 2019 berhasil memperoleh nilai 60,09 dengan presikat "B". 

"Saya berharap ini menjadi perhatian kita bersama agar apa yang diraih saat ini dapat ditingkatkan dan menjadi motivasi kepada kita semua jajaran perangkat daerah."

"Supaya ke depan terus membangun kolektifitas kerja tim, sehingga ke depan Kabupaten Bolmut harus memperoleh predikat "BB"," pungkas Pontoh. (Mjr).

Wika Salim Tak Ingin Jadi Janda Dua Kali, Lalu?

Vaksin Astra Zeneca Diminati, Warga Tak Keberatan Buat Surat Pernyataan

Masih Ingat Hambalang Proyek Gagal karena Korupsi? Jadi Tempat Jumpa Pers Demokrat Kubu Moeldoko

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved