Breaking News:

Sekda Tahlis Gallang Ajak Sukseskan Pendataan Keluarga Tahun 2021 di Bolmong

Pendataan Keluarga Tahun 2021 menjadi sesuatu yang penting bagi pemerintah pusat dan daerah dalam menyediakan basis data keluarga.

Tribun Manado/Siti Nurjanah
Sosialisasi Pendataan Keluarga Tahun 2021 di Kabupaten Bolmong, Kamis (18/03/2021). 

MANADO, TRIBUNMANADO.CO.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPP-KB) menggelar sosialisasi Pendataan Keluarga Tahun 2021, di ruang rapat Kantor DPP-KB, Lolak, Kamis (18/03/2021).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Sekretaris Daerah Tahlis Gallang.

Sekda Tahlis Gallang mengatakan, Pendataan Keluarga Tahun 2021 menjadi sesuatu yang penting bagi pemerintah pusat dan daerah dalam menyediakan basis data keluarga untuk program Pembangunan Keluarga, Kependudukan, Keluarga Berencana (Bangga Kencana) dan program pembangunan lainnya.

“Mari kita sukseskan pendataan keluarga tahun 2021 hingga program Bangga Kencana di Kabupaten Bolmong berjalan sesuai aturan kegiatan yang ada. Apalagi data keluarga ini menjadi pegangan pemda dalam pengambilan keputusan,” ungkapnya.

Lanjutnya, jika pendataan nantinya valid, maka kebijakan pemda akan tepat.

Tapi kalau pendataan ini hanya dibuat serta tidak tepat sasaran dan apa adanya, pihaknya yakin kebijakan kedepan pasti akan salah.

“Untuk itu, semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini dituntut untuk bekerja keras, memiliki semangat dan komitmen yang tinggi untuk menyukseskan mulai dari tahap persiapan, pelaksanaan sampai dengan evaluasi

nantinya. Serta diharapkan pada pendataan nanti tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala DPP-KB Bolmong I Ketut Kolak menjelaskan, program pendataan keluarga tersebut mulai dilakukan 1 April hingga 31 Mei 2021 dan serentak se-Indonesia.

“Sebenarnya program ini harus dilaksanakan tahun 2020 lalu dan dilakukan lima tahun sekali. Terakhir dilakukan tahun 2015. Namun, sejak ada pandemi Covid maka ditunda dan mulai digelar awal tahun 2021,” ujarnya.

Dia menjelaskan, di Kabupaten Bolmong sendiri ada 1.082 kader pendata yang tersebar di 202 desa dan kelurahan.

Setiap kader ditugaskan mendata di tiap dusun di masing-masing desa.

“Tareget kita tahun ini ada 72.162 kepala keluarga yang jadi sasaran di Kabupaten Bolmong. Dan itu harus selesai sesuai tenggat waktu yang ditentukan,” tuturnya.

Kegiatan tersebut turut dihadiri mitra kerja DPP-KB, di antaranya Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bolmong, serta 15 camat se-Bolmong. (*)

Baca juga: Kotamobagu Segera Berlakukan Tilang Elektronik, Diskominfo Rapat Bersama Satlantas

Baca juga: Ingat Kisruh Bank SulutGo- Pemkab Bolmong, Yasti Soepredjo Pesan Direksi Jaga Tali Silaturahmi

Baca juga: Un4gettable Journey, 4 Tahun Berkesan Four Points By Sheraton Manado

Penulis: Siti Nurjanah
Editor: maximus conterius
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved