Breaking News:

Kemenag Bolmong dan IAKN Manado Jalin Kerjasama

Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolming) menerima kunjungan dari Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Manado.

DOKUMENTASI kEMENAG bOLMOG
Kemenag Bolmong dan IAKN Manado Jalin Kerjasama 

LOLAK,TRIBUN - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolming) menerima kunjungan dari Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Manado.

Sesuai rilis yang diterima Tribunmanado.co.id, Kamis (18/3/2021), kunjungan tersebut dilakukan pada Rabu 17 Maret 2021.

Terinformasi, kunjungan ini dalam rangka membentuk lembaga pendidikan serta pengabdian masyarakat.

Kerjasama dua satker di bawah naungan Kemenag RI ini diwujudkan dalam bentuk penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara kedua pihak.

Sesuai rilis yang diterima, Penandatanganan diawali Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Kristen, DR Deflita RN Lumi MPd. Kemudian Dekan Fakultas Seni dan Ilmu Sosial Keagamaan, DR Relly Agnes Poluan MTh, dan Dekan Fakultas Teologia, DR Varno Gerung MTh.

DR Relly Agnes Poluan MTh mengatakan, kesepakatan tersebut akan menjadi acuan sekaligus peluang bagi IAKN Manado untuk mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi secara nyata.

Menurutnya, membangun Sumber Daya Manusia (SDM) tidak cukup hanya bermodal IPTEK dan Sains tetapi harus memiliki kompetensi spiritual yang baik. “Cerdas secara intelektual saja tidak, tetapi juga harus cerdas spiritual. Ini yang kita sasar di Bolmong," ucapnya.

Ia menjelaskan, MoU yang terjalin akan memudahkan IAKN dalam melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah, pelatihan/seminar di tingkat satuan dan perangkat pendidikan, serta penelitian dan pengabdian terhadap masyarakat di Bolmong untuk jangka panjang,

"IAKN juga bercita-cita memiliki 10 studi program pada program Sarjana (S1), dan 3 prodi pada jenjang Strata 2, IAKN optimis dapat memasukkan dalam pembangunan sumber daya di Bolmong dari perspektif pendidikan," katanya

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Bolmong Drs H Muhtar G Bonde mengakui dengan wilayah yang luas dan masyarakat yang multikultur Bolmong sangat membutuhkan layanan pendidikan tinggi.

“SDM di Bolmong akan lebih maju jika memiliki IAIN dan IAKN secara bersamaan, dalam konsep pendidikan yang sarat nilai moderasi beragama,” ungkap Bonde.

Ia pun siap membawa dan menjelaskan konsep ini kepada Bupati Bolmong, Yasti Supredjo Mokoagow, agar mendapat lampu hijau.

“Mudah-mudahan ini menjadi sebuah langkah bahkan lompatan bagi Kementerian Agama khususnya Kemenag Bolmong dan IAKN dalam membangun pendidikan keagamaan,” tandasnya. (ana)

Penulis: Siti Nurjanah
Editor:
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved