Breaking News:

Tiap Orang Bisa Tukar hingga 100 Lembar UPK75 RI

Terkait itu, Arbonas bilang antusiasme masyarakat Sulut melakukan penukaran UPK75 RI sangat besar.

tribunmanado.co.id/Fernando Lumowa
Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia (UPK75 RI) di kantor Perwakilan BI Sulut. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Mekanisme penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia (UPK75 RI) pecahan Rp 75.000.
kini lebih mudah.

Bank Indonesia (BI) memberikan keleluasaan. Satu orang bisa menukar lebih dari satu lembar.

"Sekarang memang lebih longgar. Satu KTP bisa menukar hingga 100 lembar uang pecahan Rp 75 ribu," kata Kepala Perwakilan BI Sulut, Arbonas Hutabarat kepada Tribun Manado, Selasa (17/3/2021).

Selain itu, masyarakat tak perlu lagi mendaftar online seperti syarat sebelumnya. "Sekarang bisa datang langsung, datang dan menukar," jelasnya.

Kendati begitu, Arbonas memastikan proses penukaran dilaksanakan tetap dalam standar protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Terkait itu, Arbonas bilang antusiasme masyarakat Sulut melakukan penukaran UPK75 RI sangat besar.

"Persentase penukaran di Sulut ini tertinggi di Indonesia. Sejauh ini 34 persen," jelasnya.

Meskipun demikian, BI pusat memandang bahwa penukaran masih harus dipacu. "Karena jatah kita di Sulut 750 ribu bilyet (lembar)," katanya.

UPK75RI sebagaimana diatur dalam PBI (Peraturan Bank Indonesia) tentang Pengeluaran Uang Rupiah Khusus merupakan alat pembayaran yang sah (legal tender).

Namun, mengingat UPK 75 Tahun RI adalah Uang Rupiah Khusus yang hanya dikeluarkan dalam momen khusus 75 Tahun Kemerdekaan RI, maka masyarakat dapat memilikinya sebagai koleksi.

UPK diterbitkan dalam rangka memperingati Kemerdekaan 75 Tahun Indonesia.

Oleh karena itu, nominal Rp 75 ribu dipilih karena berkaitan erat dengan momen 75 Tahun peringatan Kemerdekaan RI, begitu pula dengan jumlah pencetakan UPK, yaitu sebanyak 75 juta bilyet.

UPK75RI dikeluarkan dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI yang ke-75 sebagai wujud untuk mensyukuri kemerdekaan 75 tahun RI, simbol memperteguh kebinekaan, dan optimisme menyongsong masa depan Indonesia yang gemilang.

Semangat ini merupakan wujud untuk mendorong optimisme bangsa Indonesia bangkit memulihkan kehidupan perekonomian paska pandemi Covid-19 dan melanjutkan pembangunan Indonesia menyongsong masa depan gemilang. (*)

Penulis: Fernando_Lumowa
Editor: Charles Komaling
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved