Breaking News:

Kabupaten Sangihe Segera Miliki Pembangkit Listrik Tenaga Hibrid, Lokasinya di Tamako

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe memilih Tamako sebagai lokasi untuk pembangunan pembangkit listrik tenaga hibrid (PLTH)

Editor: maximus conterius
Antara
Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Gaghana meninjau lokasi pembangunan pembangkit listrik tenaga hibrid di Kecamatan Tamako, Sabtu (13/3/2021). 

MANADO, TRIBUNMANADO.CO.ID - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe memilih Tamako sebagai lokasi untuk pembangunan pembangkit listrik tenaga hibrid (PLTH) di daerah kepulauan.

Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Gaghana meninjau lokasi tersebut, Sabtu (13/3/2021).

"Kami sudah menyiapkan lokasi pembangunan pembangkit listrik tenaga angin dan surya serta air," kata Bupati Gaghana, Minggu (14/3/2021).

PLTH merupakan pembangkit listrik dengan sumber energi yang berbeda, bisa dua atau lebih.

Misalnya, pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) yang dipadu dengan pembangkit listrik tenaga bayu (PLTB) atau disebut Hybrid PV-Bayu.

Bupati Sangihe menyebut, lokasi pembangunan pembangkit listrik berada di beberapa kampung di Kecamatan Tamako.

Kampung-kampung tersebut, yakni Ulung Peliang, Lelipang, Balane dan Lumahedo Menggawa II.

Menurut Bupati, penyiapan lahan sebagai tindak lanjut dari pertemuan dengan investor PT Renewable Energy First dari Austria dan PT Jasa Tirta Energy, anak perusahaan Jasa Tirta I, milik BUMN yang dilaksanakan di Manado awal Februari 2021.

"Senin (15/3) akan bertemu lagi dengan investor Austria dan pihak BUMN di Jakarta untuk membicarakan kesiapan potensi dan lahan yang akan digunakan. Titik koordinat tenaga air dan surya serta titik tenaga angin juga sudah ditemukan di Kecamatan Tamako," kata Bupati.

Dia berharap, tahun 2021 ini minimal sudah ada yang beroperasi dari tiga pembangkit ini, karena proyek tersebut punya nilai tambah untuk daerah dan masyarakat Sangihe.

“Kami berharap ada dampak baik untuk masyarakat termasuk penyediaan listrik PLN serta tersedianya lapangan pekerjaan sehingga pendapatan masyarakat akan bertumbuh," kata Bupati.

Camat Tamako Hengky Nantingkaseh bersama pemerintah kampung yang lokasinya akan digunakan untuk pembangkit listrik energi terbarukan ini telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait agenda tersebut. (*)

Baca juga: Kubu Moeldoko Optimistis Diakui Kemenkumham, Bilangnya KLB abal-abal dan Ilegal, Kenapa Galau

Baca juga: Pihak Istana Tanggapi Isu Presiden 3 Periode, Mahfud MD Tegaskan MPR yang Berwenang

Baca juga: Ditanya Menikah dengan Ilham Habibie, Begini Jawaban Mantan Bupati Yulisa Baramuli

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved