Breaking News:

Dinkes Bolmut Edukasi Covid Varian Baru

Dinkes Bolmut terus melakukan edukasi kepada warga terkaitVarian baru virus Covid-19 yakni B117 dan N439K

Tribun Manado / Mejer Lumantow
Jusnan Mokoginta 

BOROKO,TRIBUN - Masih berjuang dengan pencegahan penularan Covid-19, sudah muncul varian baru virus corona B117 dan N439K yang berasal dari negara Inggris. 

Varian baru virus Covid-19 yakni B117 dan N439K yang berasal dari Inggris memang bikin pusing. Mutasi baru ini disebut lebih pintar dan lebih cepat menular yang membuat lonjakan pasien lebih tinggi.

Baru-baru ini, varian corona B117 diketahui telah masuk Indonesia bahkan dua kasus sekaligus. Hal ini diungkap Wakil Menteri Kesehatan mengatakan bahwa varian baru tersebut telah menimbulkan sejumlah gejala baru kepada pasien-pasien yang terinfeksi. 

Di Indonesia sendiri, sudah ada 48 kasus mutasi N439K dan ada 6 kasus B117 di Indonesia, 3 di antaranya ditemukan di DKI Jakarta.

Menanggapi hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) melalui Dinas Kesehatan gencar melalukan sosialisasi bahaya penyebaran covid-19 yang baru ini.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Bolmut melalui Kepala Bidang Pencegahan Penyakit dan Wabah Febyanto Lumoto mengatakan pihaknya tetap gencar memberikan edukasi kepada masyarakat tentang Protokol Covid-19.

"Langkah-langkahnya pencegahanya tetap sama, kita terjun ke lapangan, di pusat-pusat perbelanjaan, hingga ke kantor-kantor untuk memberikan edukasi kepada masyarakat soal protokol kesehatan dan bahaya virus corona varian baru tersebut," jelas Lumoto kepada Tribunmanado.co.id, Senin (15/3/2021).

Dikatakannya, penanangan pencegahan virus B117 dan N439K ini hampir sama dengan covid-19, yaitu masyarakat tetap harus disiplin protokol kesehatan. 

"Menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak ketika dalam perkumpulan, protokol kesehatan ini malah harus semakin diperketat jika memang penyebaran virus B117 dan N439K ini lebih cepat dan mematikan," terang Lumoto.

Selain itu, kata dia, untuk pencegahan tetap dilakukan sebagaimana langkah-langkah yang sudah dilakukan oleh Tim Surveilens selama ini, yaitu mendeteksi orang-orang yang memiliki gejala covid-19. 

"Kita tetap lakukan Tracing dan tracking dilapangan, apalagi bagi kontak erat resiko tinggi untuk cepat dilakukan penanganan isolasi mandiri yang dipantau Tim Surveilens di setiap puskesmas," ungkap Lumoto. 

Untuk itu, dibutuhkan kerjasama dari seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Bolmut agar bersama-sama disiplin dalam pencegahan covid-19.(mjr)

"Juga dengan adanya kegiatan vaksinasi covid-19 diharapkan dukungan masyarakat untuk mensukseskan vaksinasi tersebut, sehingga dapat memutus penularan covid-19 di Kabupaten Bolmut," pungkas Kabid P2P Dinkes Bolmut. (Mjr). 

Penulis: Majer Lumantow
Editor:
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved