Breaking News:

RHK Sabtu 13 Maret 2021

RENUNGAN ALKITAB - Tantangan Keluarga Kristen

Bagaimana perasaan kita jika mendengar dan melihat adanya permusuhan yang dilakukan oleh orang dan kelompok-kelompok tertentu?

ilustrasi 

Kisah Para Rasul 8:3
"Tetapi Saulus berusaha membinasakan jemaat itu dan ia memasuki rumah demi rumah dan menyeret laki-laki dan perempuan ke luar dan menyerahkan mereka untuk dimasukkan ke dalam penjara. "
-----------------------------------------

Renungan
Renungan (Istimewa)

TRIBUNMANADO.CO.ID - Bagaimana perasaan kita jika mendengar dan melihat adanya permusuhan yang dilakukan oleh orang dan kelompok-kelompok tertentu? Misalnya dibeberapa tempat di Indonesia, ada gereja yang dibakar, ibadah-ibadah dibubarkan, ibadah-ibadah diganggu dengan musik yang diputar dengan keras, bahkan beberapa bulan yang lalu ada sekeluarga yang dibunuh.

Hal-hal ini menjadi ancaman bagi gereja-gereja di Indonesia karena adanya dokrin-dokrin tertentu yang tidak menerima Pancasila, Bhinnekha Tunggal Ika, Undang-undang Dasar 45, bahkan tidak mengakui Negara Kesatuan Republik Indonesia. Itulah sebabnya mereka tidak menyukai agama lain selain agamanya.

Sejarah Gereja telah menunjukkan perjalanan gereja Tuhan bahwa menjadi orang Kristen tidak pernah bebas dari tantangan dan masalah. Demikianlah yang diungkapkan dari bagian Alkitab yang kita baca ini. Orang yang percaya pada Yesus Kristus mendapatkan tantangan yang luar biasa. Saulus berusaha membinasakan mereka. Mereka dikejar dari rumah ke rumah. Laki-laki dan perempuan diseret ke luar dan dima-sukkan ke dalam penjara. Semua ini diterima mereka karena ketaatan pada Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamatnya.

Sebagai keluarga Kristen, kita belajar bahwa tantangan keluarga Kristen sudah berlangsung sejak lama hingga kini. Oleh sebab itu kita dapat belajar bahwa tidak takut, kuatir, apalagi putus asa jika berhadapan dengan tantangan-tantangan tersebut. Yang perlu kita lakukan sekarang adalah perkuat ajaran, ibadah-ibadah, bekerja keras, cerdas dan tuntas.

Disamping itu, perkuat persaudaraan dengan sesama anak bangsa bahkan topang pemerintah untuk menjaga kehidupan yang rukun dan damai dan menjaga keutuhan bangsa agar tidak terjadi perpecahan akibat masalah suku, agama, ras dan antar golongan. Tapi juga karena kepentingan-kepentingan politik yang dapat merugikan kelompok-kelompok tertentu termasuk kelompok-kelompok minoritas. Kita berharap segala usaha yang dilakukan pemerintah tidak akan merugikan warga gereja dalam kebersamaan sebagai anak bangsa. Kiranya Tuhan menolong kita semua dalam perjalanan bangsa yang kita cintai dan hormati ini. Amin.

Ilustrasi renungan
Ilustrasi renungan (internet)

Doa: Ya Tuhan, kami bersyukur kepada-Mu karena pertolongan dan kasih setia-Mu telah menuntun dan menguatkan orang percaya di segala tempat dan sepanjang zaman. Kami percaya juga Engkau menjaga dan melindungi bangsa dan negara kami, di dalamnya keluarga-keluarga Kristen yang terus percaya kepada-Mu. Dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

Editor: Aswin_Lumintang
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved