Breaking News:

RHK Sabtu 13 Maret 2021

BACAAN ALKITAB - Dari Saulus Menjadi Paulus

Pasca kematian dan pembunuhan Stefanus sebagai martir, kejahatan dan penganiayaan kepada orang percaya semakin kejam dan meluas

Istimewa
Renungan Harian Kristen 

_ Kisah Para Rasul 8:3 _

TRIBUNMANADO.CO.ID - Pasca kematian dan pembunuhan Stefanus sebagai martir, kejahatan dan penganiayaan kepada orang percaya semakin kejam dan meluas. Mereka ditangkap dan dipenjarakan tanpa proses peradilan yang benar.

Semua orang Kristen masuk dalam "DPO" (daftar pencarian orang). Mereka dicari untuk dihukum hingga dibunuh. Tak terkecuali para rasul. Para pengikut dan murid Kristus dibuat tertekan dan terus diancam.
Dari sekian banyak orang yang mengincar orang Kristen, Saulus tergolong paling agresif. Dia menjadi semacam "panglima kejahatan" itu. Dia masuk rumah-rumah menangkap dan membinasakan laki-laki dan perempuan beriman serta memasukkannya ke dalam penjara.

Renungan Harian Kristen
Renungan Harian Kristen (Istimewa)

Demikian firman Tuhan hari ini.
_ ''Tetapi Saulus berusaha membinasakan jemaat itu dan ia memasuki rumah demi rumah dan menyeret laki-laki dan perempuan ke luar dan menyerahkan mereka untuk dimasukkan ke dalam penjara.'' (ay 3)_

Itulah Saulus. Dia adalah sosok anak muda yang menguasai kitab suci. Tapi prilakunya tidak sesuai dengan ajaran kitab suci. Begitu jahat dan bengisnya dia kepada orang Kristen. Namun, hal itu tidak membuat mundur atau takut orang Kristen memberitakan Injil. Kepada orang sejahat Saulus ini juga mereka sampaikan Injili, meski mereka diperhadapkan dengan ancaman penjara hingga pembunuhan. Pun para imam banyak yang jadi percaya.
Namun di balik kejahatan dan kebengisan seorang Saulus, semua orang Kristen akhirnya tahu siapa dan jadi apa Saulus selanjutnya. Itu karena Allah selalu memiliki rencana dan rancangan yang melampaui akal kepikiran manusia.

Saulus boleh jahat. Bahkan sejahat-jahatnya kepada Tuhan Yesus. Dia boleh menganiaya orang Kristen sehebat apapun juga. Tapi Tuhan Yesus itu adalah Allah Yang Mahakasih dan Mahabaik. Ketegaran hati Saulus dipatahkan-Nya. Paulus pun bertobat dan percaya kepada Tuhan Yesus. Bahkan dia dipakai lebih dahsyat lagi oleh Tuhan Yesus dalam memberitakan Injil.

Begitulah kasih Tuhan Yesus. Jika kita dipanggil dan mendengar panggilan-Nya serta melakukan kehendak-Nya dengan sepenuh hati, maka Dia akan memakai kita secara luar biasa dan lebih dahsyat lagi. Saulus pun berobat dan berubah menjadi Rasul Paulus yang luar biasa itu.

Tuhan Yesus pun melupakan semua kejahatan Paulus ketika menjadi Saulus yang sangat bengis itu. Kitapun demikian. Jika kita mau bertobat dan mau sungguh-sungguh percaya, beriman, setia dan taat kepada Tuhan, maka apapun dan seberat apapun kejahatan yang pernah dan sudah kita lakukan di masa lalu, pasti dilupakan dan dihapus oleh Tuhan Yesus.

Yah, Tuhan Yesus telah menghapus dosa kita dan dosa seluruh dunia kita di atas Kayu Salib. Dia rela menderita, tersiksa, teraniaya sampai mati mengenaskan di atas Kayu Salib, demi cinta-Nya akan kita. Demi sayang dab kasih-Nya yang tak terhingga bagi kita, Dia rela mengalami dan melakukan semuanya itu.

Penderitaan Kristus itulah yang sedang kita hayati dalam minggu-minggu sengsara ini. Marilah kita renungkan, betapa berat dan besar pengorbanan-Nya akan kita, sehingga Dia harus menerima semuanya itu: demi cinta, kasih dan sayang-Nya bagi kita.

Itulah sebabnya, jemaat mula-mula, termasuk Stefanus hingga Paulus juga rela menderita demi Ktistus. Karena Dia telah lebih dahulu berkorban untuk kita.

Ingatlah bahwa penderitaan yang kita alami di dunia ini, tidak sebanding dengan kemuliaan, berkat, rahmat dan kasih karunia Kristus bagi kita, baik di bumi maupun di sorga kelak, dalam kehidupan kekal.
Sebab kita dan keluarga akan menikmati kemuliaan Allah sampai selamanya. Asal kita terus setia dan taat melakukan kehendak-Nya dalam hidup kita. Amin

ilustrasi
ilustrasi ()

DOA: Tuhan Yesus, tuntun hidup kami untuk rela menderita, tapi tetap setia dan taat melakukan kehendak-Mu agar nama Tuhan dimuliakan. Amin

Editor: Aswin_Lumintang
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved