Breaking News:

Tahun Ini Dinas Pertanian Bolmong Target Produksi 360 Ribu Ton Gabah Kering

Kami optimis bisa capai. Ini merupakan komitmen Pemkab Bolmong terutama mensukseskan visi-misi bupati dan wakil bupati saat ini,

Tribun Medan/Dedy Sinuhaji
Ilustrasi Seorang petani mengangkat karung berisi gabah 

TRIBUNMANADO.CO,ID, MANADO - Tahun 2021, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) melalui Dinas Pertanian Bolmong menargetkan produksi gabah kering naik sebesar 360 ton..

Di mana, jika tahun 2020 taget 340 ribu ton, maka target produksi gabah kering dari hasil pertanian di wilayah Bolmong tahun ini naik dari 340 ribu ton.

Kepala Dinas Pertanian Bolmong Remon Rattu mengatakan, meski dalam masa pandemi Covid-19 kenaikan sebesar 20 ribu ton tersebut dinilai normal.

Bahkan dirinya tidak meragukan palawija khusus gabah atau beras.

"Jika kemarin hanya sekira 340 ribu ton. Maka tahun ini target kita sudah pada angka 360 ribu ton. Dan saya rasa itu normal ya meskipun masih dalam pandemi Covid-19," ucapnya.

Lanjutnya, selain produksi gabah dari sawah milik petani yang sudah ada, target capaian itu juga terbantukan dengan cetak sawah yang dilakukan pemerintah yakni sebesar 40 ribu hektare.

“Kami optimis bisa capai. Ini merupakan komitmen Pemkab Bolmong terutama mensukseskan visi-misi bupati dan wakil bupati saat ini,” ucapnya.

Sementara itu, ditambah lagi belum lama ini Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow mengatakan, Pemkab Bolmong telah menyiapkan bibit unggulan untuk petani di Bolmong.

Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow mengatakan, saat ini Universitas Samratulangi (Unsrat), telah mengembangkan varietas padi Sulutan. Nah padi itu merupakan bibit padi yang bagus bisa meningkatkn produksi beras petani Bolmong.

"Kebetulan Unsrat sudah mendapatkan bibit yang bagus, namanya Sulutan,” ujarnya.

Dikatakannya, Inovasi ini tentunya dilakukan Kabupaten Bolmong yang akan bekerjasama engan Unsrat.

Lanjutnya, varietas Padi Sulutan dalam 1 hektare sawah bisa menghasilkan 8 ton gabah. (*)

Penulis: Siti Nurjanah
Editor: Charles Komaling
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved