Breaking News:

Mulai Besok BPK RI Akan Audit Rinci LKPD Bolmong

Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Rio Lombone mengatakan, besok BPK RI akan turun untuk melakukan audit rinci terhadap LKPD selama 40 hari

Istimewa
Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Yasti Soepredjo Mokoagow secara resmi menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Bolmong tahun 2020. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Yasti Soepredjo Mokoagow secara resmi menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Bolmong tahun 2020 kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, Selasa (9/3/2021), di Manado.

Terkait hal itu, Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Rio Lombone mengatakan, besok BPK RI akan turun untuk melakukan audit rinci terhadap LKPD selama 40 hari.  "Audit rinci dimulai esok sampai 40 hari ke depan,” ucapnya.

Rio yang juga Plt Kepala Inspektorat Bolmong menjelaskan, audit rinci kali ini mirip tahun sebelumnya karena, yakni proses pemeriksaan oleh BPK RI Perwakilan Sulut, menggunakan video dan data dikirim lewat email.

"Mengingat ini masih pandemi Covid19,” jelasnya.

Lanjutnya, pihaknya menyerahkan penuh kepada BPK RI atas hasil pemeriksaan atau pun opini nanti.

Meski demikian pihaknya menargetkan kenaikkan opini.

"Kalo target harapan tentunya ingin naik opini, tapi kembali kepada SKPD Bolmong semua untuk bekerja sama memperbaiki kualitas SPJ," ungkapnya

Sementara itu, penyerahan LKPD tahun anggaran 2020 ini adalah untuk keperluan audit laporan terhadap kinerja dan transparansi pengelolaan keuangan dan aset daerah.

Aspek-aspek dalam laporan seperti perencanaan penganggaran sampai pada tahap pengadaan serta pengamanan barang yang nantinya menjadi aset daerah.

Sekadar informasi, adapum LKPD yang diserahkkan ke BPK tahun 2020 itu mencakup, laporan realisasi anggaran, laporan perubahan Saldo anggaran lebih, neraca, laporan operasional, laporan arus kas, laporan perubahan Equitas dan catatan atas laporan keuangan. (*)

Penulis: Siti Nurjanah
Editor: Charles Komaling
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved