Breaking News:

Berita Tomohon

Jamin Keberhasilan Penyelenggaraan Program PAU, Caroll Wenny Minta Kerjasama Terpadu Semua Pihak

Pendidikan Anak Usia Dini adalah dasar pendidikan yang sangat penting dalam menentukan kualitas pendidikan selanjutnya.

Tribunmanado.co.id/Hesly Marentek
Wali Kota Tomohon Caroll Senduk dan Wakil Wali Kota Tomohon Wenny Lumentut saat Kegiatan penyusunan kompotensi dasar Mulok PAUD. 

Manado, TRIBUNMANADO.CO.ID -- Wali Kota Caroll Senduk dan Wakil Wali Kota Wenny Lumentut membuka kegiatan Penyusunan Kompetensi Dasar Muatan Lokal (Mulok) Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non Formal dan Pengembalian Kurikulum Bahan Ajar dan Model Pembelajaran Paud, Kamis (4/3/2021).

Kegiatan ini digelar di AAB Guest House, Kamis (04/03/2021).

Wali Kota Tomohon Caroll Senduk mengatakan bahwa pendidikan Anak Usia Dini adalah dasar pendidikan yang sangat penting dalam menentukan kualitas pendidikan selanjutnya.

"Momentum perkembangan anak tidak akan berulang. Sehingga jika tidak diberikan pendidikan yang tepat dan berkualitas akan sangat merugikan masa depan anak," ujarnya.

Lebih lanjut Caroll menyebut anak usia dini memiliki karakteristik perkembangan yang berbeda dengan kelompok anak usia lainnya.

Sehingga berdasarkan karakteristik perkembangannya yang bersifat khusus, maka jenis pembelajaran yang relevan untuk anak usia dini adalah pembelajaran terpadu.

Dimana semua kegiatan dalam pembelajaran terpadu melibatkan pengalaman langsung bagi anak serta memberikan berbagai pemahaman tentang lingkungan sekitar anak.

"Kita menyadari bahwa berbagai tantangan bagi upaya pembangunan pendidikan yang dihadapi pemerintah Indonesia secara umum dan Pemerintah Kota Tomohon secara khusus," terangnya.

"Pertama perluasan akses layanan pendidikan tanpa mengorbankan kualitas. Kedua peningkatan kualitas pendidikan dalam kondisi sistem desentralisasi. Ketiga memastikan bahwa dana-dana pendidikan yang ditingkatkan secara signifikan dapat dipergunakan secara efektif. Oleh sebab itu perlu adanya sinergitas dalam menjawab tantangan tersebut," tukas Caroll.

Adapun kegiatan penyusunan kompetensi dasar muatan lokal pendidikan anak usia dini dan pengembangan kurikulum, bahan ajar dan model pembelajaran PAUD ini adalah bentuk usaha bersama dalam memberikan pelayanan pendidikan yang terbaik bagi anak-anak.

Halaman
12
Penulis: Hesly Marentek
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved