Breaking News:

Aplikasi Bodong

Alasan Snack Video, VTube, TikTok Cash Ilegal

Otoritas Jasa Keuangan ( OJK) melalui Satgas Waspada Investasi (SWI) membantah dan menyatakan bahwa ketiga aplikasi dan situs tersebut ilegal.

Kompas.com
Aplikasi Vtube 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Alasan pemerintah menyatakan tiga aplikasi yakni Vtube, TikTok Cash, dan Snack Video ilegal karena menyalahi aturan terkait investasi.  

Padahal Vtube, TikTok Cash, dan Snack Video diklaim bisa menghasilkan uang hanya dengan menonton video.

Otoritas Jasa Keuangan ( OJK) melalui Satgas Waspada Investasi (SWI) membantah dan menyatakan bahwa ketiga aplikasi dan situs tersebut ilegal.

Baik Vtube, TikTok Cash, dan Snack Video terindikasi melakukan skema permainan uang (money game) karena tidak ada barang atau jasa yang dijual melalui situs atau aplikasinya.

Khusus untuk Vtube dan TikTok Cash, keduanya langsung diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) atas permintaan OJK beberapa waktu lalu.

Sementara, Snack Video hingga kini masih beroperasi.

Logo OJK
Logo OJK (kompas.com)

Skema Money Game

VTube menawarkan penghasilan bagi penggunanya hanya dengan menonton video iklan melalui aplikasinya.

Setiap iklan yang ditonton, pengguna akan mendapatkan poin yang bisa ditukarkan menjadi uang. Ada juga skema referral yang dibawa platform ini.

Menurut Ketua Satgas Waspada Investasi (SWI) Tongam L. Tobing, skema yang ada di VTube ini mirip dengan yang digunakan pada usaha penjualan langsung atau yang dikenal sebagai multi level marketing (MLM).

Halaman
123
Editor: Aldi Ponge
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved