Lions Club

Dukung Kesehatan Mental Anak Penderita Kanker, Lions Club Jakarta Centennial Terra Luncurkan Ini

Gangguan kesehatan mental merupakan salah satu masalah penyerta yang memberatkan proses penyembuhan dan penanganan penderita kanker pada anak

Penulis: Fernando_Lumowa | Editor: David_Kusuma
Istimewa
Lions Club Jakarta Pusat (LCJP) Centennial Terra melalui Pusat Edukasi Terra meluncurkan Terra Children Can-Care, sebuah program seri konseling psikologis bagi penderita dan penyintas kanker anak serta keluarga dan caregiver 

Manado, TRIBUNMANADO.CO.ID - Gangguan kesehatan mental merupakan salah satu masalah penyerta yang memberatkan proses penyembuhan dan penanganan penderita kanker pada anak. 

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menyebutkan hampir 60 persen penderita kanker anak mengalami gangguan mental, terutama kecemasan, depresi dan post traumatic disorder. 

Bahkan kondisi gangguan kesehatan mental tidak hanya dialami para anak penderita kanker tapi juga keluarga dan pemberi layanan perawatan atau care giver.

Menyikapi hal ini, Lions Club Jakarta Pusat (LCJP) Centennial Terra melalui Pusat Edukasi Terra meluncurkan Terra Children Can-Care. 

Baca juga: Innalillahi Wa Innalillahi Rojiun, Vicky Prasetyo Bagikan Kabar Duka, Mantan Mertua Meninggal Dunia

Baca juga: Sosok Nurdin Abdullah yang Kena OTT KPK Padahal Sudah Kaya Raya, Hartanya Capai Rp 51,35 Miliar

Baca juga: Kartu Prakerja Gelombang 13 Bakal Dibuka Kembali, Segera Cek Caranya dan Siapkan Berkasnya

Terra Children Can-Care merupakan program seri konseling psikologis bagi penderita dan penyintas kanker anak serta keluarga dan caregiver. 

Program ini bekerjasama dengan Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) Pusat dan didukung oleh Personal Growth sebagai pusat konseling psikologi.

Menurut Presiden Lions Club Jakarta Pusat Centennial Terra, Dr dr Ray Wagiu Basrowi MKK,

Terra Children Can-Care adalah wujud pengabdian Lions Club di bidang pediatric cancer yang menjadi salah satu fokus aksi kemanusiaan Lions Club di seluruh dunia. 

Baca juga: Veronica Moniaga, Jubir Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah, Sosok Wanita Cantik Mantan Wartawan TV

Baca juga: KKSS Mapanget Gelar Kegiatan Donor Darah: Kegiatan Dirancang Dalam Waktu yang Cukup Tepat

Baca juga: New Honda CR-V Resmi Mengaspal di Sulut, Semakin Canggih dengan Teknologi Keselamatan Honda Sensing

Basrowi menjelaskan, konseling psikologis seringkali belum menjadi intervensi primer bagi penderita kanker anak, penyintas bahkan keluarga dan care-giver. 

Padahal banyak penelitian klinis dan studi kualitatif membuktikan bahwa kesehatan mental yang baik meningkatkan respon dan efektifitas terapi penderita kanker anak. 

"Itu sebabnya kami dari LCJP Centennial Terra menyediakan program Terra Children Can-Care sebagai bentuk terapi suplementatif bagi anak-anak penderita kanker

agar membantu proses pemulihan serta yang terpenting meningkatkan kualitas hidup mereka," kata Basrowi dalam keterangan tertulisnya ke Tribun Manado, Sabtu (27/02/2021).

Presiden Lions Club Jakarta Pusat Centennial Terra, Dr dr Ray Wagiu Basrowi MKK
Presiden Lions Club Jakarta Pusat Centennial Terra, Dr dr Ray Wagiu Basrowi MKK (Istimewa)

Basrowi yang sering menjadi pembicara pada sosial media melalui akun Instagram @ray.w.basrowi menegaskan, program Terra Children Can-Care ini dilaksanakan secara berkesinambungan selama 12 minggu

agar dampaknya optimal dan menjangkau keluarga dan penyedia layanan kesehatan yang terlibat langsung dalam upaya penanganan kanker anak. 

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved