Breaking News:

BI Terus Dorong Digitalisasi Pembayaran di Sulut

QRIS telah diterapkan sebagai salah satu metode pembayaran di berbagai sektor, sehingga mendorong efisiensi perekonomian.

Tribun Manado / Fernando Lumowa
Kepala BI Sulut, Arbonas Hutabarat dan Bupati Kep Sangihe saat pencanangan Sangihe Go Digital, pengenalan QRIS beberapa waktu lalu 

MANADO. TRIBUNMANADO.CO.ID - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sulut terus mendorong digitalisasi pembayaran di Bumi Nyiur Melambai.

Tahun ini BI Sulut menargetkan bisa menjangkau sedikitnya 86 ribu merchant pengguna QR Code Indonesian Standart (QRIS) di Sulut.

"Target kita tahun ini bisa bertambah sedikitnya 45 ribu merchant. Kalau di Indonesia targetnya bisa 12 juta merchant," ujar Kepala Perwakilan BI Sulut, Arbonas Hutabarat dalam peluncuran Digitalisasi Sistem Pembayaran di Pasar Segar Paal Dua, Manado, Kamis (25/02/2021).

Kepala Divisi Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah BI Sulut, Haratua Panggabean mengatakan, sampai 15 Januari 2021, terdapat 42.840 merchant pengguna QRIS di Sulut.

"Jumlah itu sekitar 15 persen dari total UMKM yang ada di Sulut sebanyak 292.122 pelaku usaha," jelas Haratua.

Sementara merchant pengguna QRIS nasional mencapai 5.781.112 unit.

Haratua mengatakan, berrdasarkan data tersebut potensi untuk pengembangan QRIS di Sulut masih sangat besar dan menjadi pasar menarik bagi PJSP.

"Ini juga menjadi potensi peningkatan transaksi digital di masyarakat, cepat, mudah, efesien, menguntungkan dan akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," katanya.

BI sendiri mengusung strategi 3 OK dalam mendorong penggunaan QRIS.

Stragegi dimaksud yakni Optimalisasi Outcome, Optimalisasi Kinerja, Optimalisasi SDM dengan Kolaborasi, Kemitraan dan Komunikasi lintas sektor lintas instansi dengan pemerintah daerah, PJSP bank
dan Non bank, serta pihak-pihak terkait lainnya.

Halaman
12
Penulis: Fernando_Lumowa
Editor: Charles Komaling
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved