Breaking News:

Cerita Alkitab

Kisah Filipus, Penginjil yang Mulanya Adalah Diaken Gereja, Pejabat Tinggi Bertobat Melaluinya

Filipus adalah seorang Kristen pada abad pertama Masehi di kota Yerusalem yang disebut dalam Perjanjian Baru Alkitab Kristen.

istimewa
Kisah Filipus, Penginjil yang Mulanya Adalah Diaken Gereja, Pejabat Tinggi Bertobat Melaluinya 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Filipus adalah seorang Kristen pada abad pertama Masehi di kota Yerusalem yang disebut dalam Perjanjian Baru Alkitab Kristen.

Kisah Para Rasul mencatatnya sebagai satu dari tujuh pria yang dipilih dan diangkat sebagai diaken mula-mula, untuk membantu menangani urusan-urusan pastoral dan administrasi dari Gereja perdana (Kisah para Rasul pasal 6)

Pada waktu penganiayaan mulai melanda jemaat, Filipus diceritakan pergi ke suatu kota di Samaria dan memberitakan Injil di situ (Kis. 8:5-13).

Hasil pemberitaannya yang disertai dengan berbagai mujizat dan tanda begitu berdampak, sampai-sampai para rasul di Yerusalem mengutus Petrus dan Yohanes ke sana, karena mereka mendengar bahwa tanah kafir Samaria telah menerima firman Allah (Kis. 8:14).

Tetapi ketika di Samaria sedang terjadi kebangunan rohani besar-besaran, Tuhan “buru-buru” mengutus Filipus ke sebuah tempat yang sunyi.

Dan, Filipus sama sekali tidak menunda-nunda, melainkan langsung taat dan berangkat ke jalan yang ditunjukkan oleh malaikat Tuhan.

Di jalan yang sunyi itu, Filipus diperintahkan oleh Roh Kudus untuk mengabarkan Injil kepada seorang pejabat tinggi dari Etiopia.

Ia pun membimbing Sang Sida-sida hingga bertobat dan mau dibaptis di hari itu juga (Kis. 8:26-38).

Kemudian, secara tiba-tiba seolah-olah Tuhan tak membiarkannya untuk menghela nafas, apalagi “mensyukuri” pelayanannya, Filipus “dilarikan” Tuhan ke Asdod. Ia pun memberitakan Injil hingga ke Kaisarea (Kis. 8:39-40).

Kisah pelayanan Filipus tak diceritakan lagi oleh Lukas, kecuali bahwa rombongan Paulus dan Lukas menumpang di rumahnya ketika tiba di Kaisarea, dan bahwa ia mempunyai empat putri yang beroleh karunia bernubuat (Kis. 21:8-9).

Halaman
123
Penulis: Rhendi Umar
Editor: Rhendi Umar
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved