Breaking News:

Hati-hati, Pelanggaran Lalulintas di Manado Akan Terpantau CCTV

Pemetaan data kecelakaan menunjukkan keterkaitan antara tingginya pelanggaran dengan kecelakaan fatal

Tribun manado / Andreas Ruaw
Ditlantas Polda Sulut Mulai Memasang CCTV ETLR 

MANADO, TRIBUNMANADO.CO.ID - Ditlantas Polda Sulut mulai melakukan pemasangan CCTV untuk dalam menerapkan Tilang Elektronik berbasis ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement) di beberapa sudut jalan Kota Manado, Senin (22/2/2021).

Electronic Traffic Law Enforcement di Direktorat Lalu Lintas adalah implementasi teknologi untuk mencatat pelanggaran - pelanggaran dalam berlalu lintas secara elektronik untuk mendukung keamanan, ketertiban, keselamatan dan ketertiban dalam berlalu lintas yang didukung Pemkot Manado.

Pemetaan data kecelakaan menunjukkan keterkaitan antara tingginya pelanggaran dengan kecelakaan fatal yang terjadi.

Belum lama ini, Direktur Lalu Lintas Polda Sulut Kombes Pol Iwan Sonjaya menjelaskan mekanisme penerapan tilang elektronik dilakukan untuk mengurangi atau menghindari terjadinya interaksi antara petugas dengan pelanggar, yang melakukan pelanggaran lalu lintas.

"Jadi, sistemnya yaitu nanti pelanggar akan diketahui oleh kamera yang di pasang di jalan. Kemudian dari data tersebut nanti diketahui nomor registrasi kendaraan, serta pemilik kendaraan," katanya.

Kemudian kita bekerjasama dengan dari PT Pos untuk mengirim kepada alamat pelanggar tersebut selama 3 hari.

"Kemudian setibanya di alamat para pelanggar diberikan waktu selama 7 hari untuk melakukan konfirmasi terkait dengan terjadinya pelanggaran tersebut dan diselesaikan melalui bank yang kita tunjuk yaitu BRI dan apabila si pelanggar tidak menyelesaikan maka akan dilakukan pemblokiran kendaraan yaitu pemblokiran STNK," lanjutnya.

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Sulut Kompol Roy Tambajong saat melakukan pemasangan CCTV yang berada di dekat Lapangan Bantik Jalan Wolter Moginsidi berharap agar masyarakat tetap taat lalu lintas.

"Kiranya para pengendara tidak ada yang tertangkap kamera ETLE, stop pelanggaran, stop kecelakaan, kesemalatan untuk kemanusiaan," ucapnya.

Tembus Kaca
Fasilitas CCTV ANPR untuk mendukung program  Tilang Electronic yang berbasis ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement) yang digagas Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sudah dipasang.

Halaman
123
Penulis: Tim Tribun Manado
Editor: Charles Komaling
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved