Banjir Jakarta

Anies Sebut Banjir Jakarta Kiriman Bogor, Bima Arya Bantah: Tak Bisa Ditangani Saat Musim Hujan Saja

Banjir Jakarta tak serta merta dikaitkan dengan banjir kiriman dari hulu yang merupakan wilayah kerja Pemkot dan Pemkab Bogor

Editor: Finneke Wolajan
Pemkot Bogor
Wali Kota Bogor Bima Arya 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Banjir Jakarta tidak bisa ditangani saat musim hujan saja, demikian pernyataan Wali Kota Bogor Bima Arya.

Bima Arya menyatakan banyak faktor yang menyebabkan Banjir Jakarta.

Banjir Jakarta tak serta merta dikaitkan dengan banjir kiriman dari hulu yang merupakan wilayah kerja Pemkot dan Pemkab Bogor.

Selama dua hari terakhir ini, sejumlah wilayah DKI Jakarta terendam banjir

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga sempat mengatakan banjir itu kiriman dari hulu. Akan tetapi menurut Wali Kota Bogor Bima Arya, banyak hal yang menjadi penyebab Banjir Jakarta.

Wali Kota Bogor <a href='https://manado.tribunnews.com/tag/bima-arya' title='Bima Arya'>Bima Arya</a> Bantah Anies: <a href='https://manado.tribunnews.com/tag/banjir-jakarta' title='Banjir Jakarta'>Banjir Jakarta</a> Tak Bisa Ditangani Saat Musim Hujan Saja!
Hari Ini, Senin (15/6/2020), Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ke Bogor. Ditemani Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, Wali Kota Bogor Bima Arya, Kepala BPTJ Polana Pramesti dan Direktur Utama PT KCI Wiwik Widayanti. (Dok PPID DKI Jakarta)

“Penyebab banjir di Jakarta banyak hal ya. Betul ada yang dari hulu. Catatannya, di Katulampa itu paling tinggi Siaga 3. Jakarta biasa banjir di Siaga 1.  Kalau di Katulampa Siaga 3 itu sudah banjir Jakarta, berarti volume Jakarta sudah tinggi,” tutur Bima Arya

Bima menjelaskan, bicara tentang hulu sungai bukan soal banjir itu kiriman dari Puncak atau Bogor.

Tapi bagaimana semua pihak yang berkepentingan menjaga daerah aliran sungai (DAS) sungai-sungai besar yang berhilir di Jakarta. 

Bima mengaku sempat menyurati Anies terkait nasib Kali Ciliwung.

“Saya sudah surati gubernur, Ekspedisi Ciliwung (yang dilakukan Pemkot Bogor dan Pemkab Bogor) harus jadi perhatian bersama. Misalnya seperti perumahan liar yang membuat badan sungai menyempit, banyak limbah yang bisa seenaknya dibuang ke sungai,”ungkapnya. 

Menurut Bima, persoalan banjir tidak bisa ditangani saat musim hujan saja.

Banjir di Jakarta harus ditangani secara terintegrasi semua pihak.

Menurutnya penyelesaian permasalahan banjir tidak bisa dilaksanakan secara dadakan.

Halaman
1234
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved