Siapa Irjen Paulus Waterpau? Putra Papua yang Dipromosikan Jadi Kabaintelkam, 4 Kali Jadi Kapolda

Paulus Waterpau yang saat ini menyandang jenderal bintang dua atau inspektur jenderal polisi kepangkatannya akan naik Komisaris Jenderal Polisi

Editor: Finneke Wolajan
KOMPAS.COM/DHIAS SUWANDI
Irjen Paulus Waterpauw 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Siapa Irjen Pol Paulus Waterpau? Kapolda Papua ini mendapat promosi jabatan menjadi Kepala Badan Intelijen dan Keamanan Polri atau Kabaintelkam Polri.

Promosi jabatan untuk putra asli Papua tersebut tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/318/II/KEP./2021, Kamis (18/2/2021). Surat ini ditandatangani AS SDM Polri Irjen Sutrisno Yudi Hermawan.

Paulus Waterpau yang saat ini menyandang jenderal bintang dua atau inspektur jenderal polisi kepangkatannya akan naik setingkat lebih tinggi menjadi Komisaris Jenderal Polisi atau Komjen.

Irjen Paulus Waterpauw diketahui lahir di Fakfak, Papua Barat pada 25 Oktober 1963.

Lulusan Akpol 1987 ini memang berpengalaman dalam bidang intel.

Berdasarkan data Paulus Waterpau mengenyam pendidikan Daspa Intel pada 1996, Palan Intel pada 1997, dan Pa Opsnal Intel pada 1999.

Dua kali jabat Kapolda Papua

dilansir dari wikipedia, Paulus Waterpau diketahui pindah dari Papua ke Surabaya pada usia 10 tahun.

Ia menyelesaikan pendidikan dari SD hingga SMA di Surabaya, Jawa Timur sampai akhirnya ia mengenyam pendidikan di Akademi Kepolisian.

Pada 1987, Paulus Waterpau pun menyelesaikan pendidikannya di Akademi Kepolisian.

Setalah lulus dari Akademi Kepolisian, ia bertugas di Surabaya sebagai Pamapta Polresta Surabaya.

Kapolda <a href='https://manado.tribunnews.com/tag/papua' title='Papua'>Papua</a> Irjen Paulus Waterpau mengecek langsung lokasi penembakan bus PT Freeport di Tembagapura, Timika, <a href='https://manado.tribunnews.com/tag/papua' title='Papua'>Papua</a>, Senin (13/1/2020).
Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpau mengecek langsung lokasi penembakan bus PT Freeport di Tembagapura, Timika, Papua, Senin (13/1/2020). (Humas Polda Papua)

Setahun kemudian, suami dari Roma Megawanti Pasaribu tersebut dipercaya menjadi Wakasat Serse Polresta Surabaya Timur pada 1988, lalu Kanit Interkrim Sat IPP Polwiltabes Surabaya tahun 1990, dan Kasat Intelpam Polres Mojokerto pada 1992.

Setelah lama bertugas di Jawa Timur, Paulus Waterpau akhirnya dipindah ke Kalimantan Tengah menjabat sebagai Kasat Ops Puskodalops Polda Kalteng pada 1997.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved