Breaking News:

Politik

SBY dan JK Pernah Telikung Megawati, Berhenti dari Kabinet, Marzuki Alie Enggan Bahas Terlalu Jauh

Cerita belum cairnya hubungan Presiden keempat Indonesia, Megawati Soekarnoputri dan Presiden kelima Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)

Editor: Aswin_Lumintang
Tribunnews.com
Jusuf Kalla membesuk Ani Yudhoyono 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Cerita belum cairnya hubungan Presiden keempat Indonesia, Megawati Soekarnoputri dan Presiden kelima Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) terus menjadi perbincangan kalangan politik dengan bumbu-bumbunya.

Marzuki Alie mengatakan, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pernah menyebut Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri kecolongan dua kali.

Hal itu disampaikannya dalam bincang-bincang dengan mantan Anggota DPR Akbar Faizal, yang ditayangkan di akun YouTube Akbar Faizal Uncensored, seperti dilihat Tribunnews, Kamis (18/2/2021).

Marzuki Alie.
Marzuki Alie. (Achmad Rafiq/Tribunnews.com)

Marzuki menceritakan pernah menjadi orang yang sangat dipercaya SBY di masa awal berdirinya Partai Demokrat sekaligus pencalonan SBY sebagai presiden di Pilpres 2004.

Salah satu momen yang dikenang Marzuki ialah ketika SBY memanggilnya untuk berbicara empat mata usai hasil Pemilu Legislatif (Pileg) 2004 diumumkan. Saat itu Demokrat berhasil meraup 7 persen suara.

Dalam pertemuan itu, untuk pertama kalinya SBY menceritakan rencananya kepada orang lain untuk mencalonkan diri sebagai presiden dan akan berpasangan dengan Jusuf Kalla (JK) sebagai wakilnya.

SBY dan Kalla sama-sama menjabat sebagai menteri di kabinet yang dipimpin Megawati.

Saat itu SBY menjabat Menteri Koordinator bidang Politik dan Keamanan (Menko Polkam) dan JK menjabat Menteri Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra).

Namun saat itu SBY mengundurkan diri dari jabatan menteri menjelang dimulainya Pemilu 2004.

“Rupanya dalam pembicaraan itu beliau menyampaikan ‘Ok kita udah lolos’. Karena saya kan sebelumnya ikut dalam kampanye kan. Sebagai narasumber saya sering bicara di forum tim kampanye. Jadi Pak SBY tahu persis kerjaan saya. Waktu itu Pak SBY menyampaikan ke saya akan berpasangan dengan Pak JK,” ujar Marzuki.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved