Breaking News:

Sampah

KLHK Imbau Masyarakat Tak Buang Galon Sekali Pakai ke TPA

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) akan memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) pada tanggal 21 Februari 2021

Editor: muhammad irham
tribunmanado.co.id/Arthur Rompis
Gunungan sampah di TPA Sumompo Manado kian tinggi. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) akan memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) pada tanggal 21 Februari 2021 mendatang.

Selama 5 tahun terakhir, HPSN telah menjadi momentum untuk membangun kesadaran publik dalam upaya-upaya pengurangan sampah.

Namun terungkap fakta bahwa Indonesia masih kerap mengimpor bahan baku sampah terpilah untuk daur ulang terutama untuk kertas dan plastik.

“Kita butuh kertas daur ulang setiap tahunnya 7 juta ton dan 50 persennya itu diimpor,” ujar Direktur Jenderal Pengelolaan Limbah, Sampah, dan Bahan Beracun Berbahaya (PSLB3), Rosa Vivien Ratnawati pada konferensi pers Kamis (18/2/2021).

Indonesia diketahui menghasilkan 65,8 juta ton sampah per tahunnya, namun ternyata masih harus mengimpor bahan baku sampah terpilah.

Karena masih rendahnya kesadaran masyarakat untuk memilah milih sampah rumah tangga sebelum diangkut petugas kebersihan.

Pada tahun ini, HPSN mengusung tema ‘Sampah Sebagai Bahan Baku Ekonomi di Masa Pandemi’. Vivien mengungkapkan pengelolaan sampah termasuk salah satu sektor usaha yang tahan banting (resilient) selama pandemi Covid-19.

Berdasarkan laporan Badan Pusat Statistik (BPS), perekonomian Indonesia kuartal III 2020 pada 5 November 2020 mengalami pertumbuhan positif.
Sektor pengadaan air, pengelolaan sampah, dan limbah merupakan sektor yang tumbuh sangat tinggi, yaitu 6,04%.

Oleh karena itu, tema ekonomi dianggap relevan dengan situasi saat ini.

"HPSN 2021 harus menjadi babak baru pengelolaan sampah di Indonesia, dengan menjadikan sampah sebagai bahan baku ekonomi Indonesia," ujarnya.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved