Breaking News:

Bacaan Alkitab

Bacaan Alkitab Kamis 18 Februari 2021, 1 Yohanes 1:7-8 : Mengaku Dosa dan Jauhilah

Inilah bukti penyangkalan terhadap keaslian diri manusia. Padahal, jelas-jelas semua manusia berdosa. Dan itu adalah Firman Tuhan.

Editor: Aldi Ponge
Istimewa
Renungan Harian Kristen 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Tidak ada satupun manusia di dunia ini yang tidak berdosa. Semua manusia telah jatuh dalam dosa.

Tapi realitasnya, banyak manusia yang merasa diri suci atau tepatnya lagi sok suci. Merasa diri paling benar dan tidak pernah salah.

Bagi orang yang demikian, hanya orang lain saja yang berdosa, dirinya tidak. Dia selalu benar. Karena dosa hanya menjadi "milik" orang lain, sedangkan kebenaran adalah "hak milik-nya."

Inilah bukti penyangkalan terhadap keaslian diri manusia. Padahal, jelas-jelas semua manusia berdosa. Dan itu adalah Firman Tuhan.

Baca juga: Ada Jalan Arya Saloka di Sukoharjo, Bukan Karena Mas Al yang Tenar di Ikatan Cinta, Karena Sosok Ini

Tapi kita masih menyangkali Firman Tuhan yang menyatakan bahwa kita telah berdosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah.

Jadi, jika kita bersikeras membenarkan diri dan menyatakan bahwa kita tidak berdosa, maka kita telah menipu diri kita sendiri dan kebenaran tidak ada di dalam kita.

Demikian firman Tuhan hari ini.
"Tetapi jika kita hidup di dalam terang sama seperti Dia ada di dalam terang, maka kita beroleh persekutuan seorang dengan yang lain, dan darah Yesus,

Anak-Nya itu, menyucikan kita dari pada segala dosa.Jika kita berkata, bahwa kita tidak berdosa, maka kita menipu diri kita sendiri dan kebenaran tidak ada di dalam kita." (ay 7, 8)

Memang manusia dalam bahasa "pemanis bibir," mengaku sebagai orang berdosa. Tapi coba kita jumpai dalam kelakuan hidup sehari-hari. Banyak manusia berlagak sebagai "innocent" (tanpa dosa) dan paling benar.

Disaksikan oleh Firman Tuhan bahwa jika kita mengaku bahwa kita tidak berdosa, kita telah menipu diri kita sendiri.dan di dalam diri kita tak ada lagi kebenaran.

Jika kita merasa benar dan berkata kita tidak berdosa, sesungguhnya kita telah menambah dosa baru atau telah membuat dosa ganda (double sin) dalam hidup kita.

Baca juga: Peringatan Dini Kamis 18 Februari 2021, BMKG: Wilayah Ini Potensi Hujan Petir dan Angin Kencang

Kita sering menyembunyikan dosa kita di balik jubah kebaikan dan mimbar pelayanan kita yang tidak lagi memuliakan Allah, tapi demi kepentingan dan keinginan sesaat.

Juga membungkus rapi dosa dengan "pencitraan" dan kesan yang memesona sehingga menyembunyikan dosa kita.

Jauhi ini. Karena dosa adalah kejahatan iman dan pelanggaran serta penyangkalan akan Allah. Allah tidak bisa kita tipu. Dosa, tetaplah dosa.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved