Breaking News:

Tajuk Tamu Tribun Manado

Wisata Politik, Suatu Alternatif Wisata Unik

Pesta demokrasi hendaknya dimanfaatkan sebagai momen menaikkan pamor wisata sekaligus sebagai ajang promosi daerah.

Dokumentasi Tribun Manado
Pendukung pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Minahasa, Royke O Roring dan Robby Dondokambey (ROR-RD), berkonvoi menuju lapangan Schawrz Langowan, Kabupaten Minahasa, tempat berlangsungnya kampanye, Jumat (26/6/2018). 

Oleh:
Teddy Tandaju SE MBA
Dosen Prodi Manajemen Unika De La Salle Manado

Steven Kawatak SE M.Ec
Dosen Prodi Hospitality & Pariwisata Unika De La Salle Manado

HINGGA saat ini, aspek pariwisata politik belum begitu luas dibahas ataupun diteliti oleh para ahli pariwisata dunia maupun nasional.

Meskipun sebenarnya di Indonesia telah ada pendapat tentang topik ini yang dikemukakan pakar pariwisata namun penelitian ataupun pembahasan lanjutan terkait salah satu unsur pariwisata unik ini belum dikembangkan dengan luas.

Yang pernah dibahas berkali-kali dalam berbagai jurnal ilmiah maupun seminar adalah politik dalam pariwisata serta dampak yang dihadapi oleh berbagai stakeholders.

Secara esensi, pariwisata politik dan politik pariwasata merupakan dua hal yang berbeda.

Dalam paparan artikel ini dibahas bagaimana politik, yang salah satu unsur politik adalah pesta demokrasi, dapat dijadikan suatu daya tarik/objek wisata; bukan politik dalam pariwisata.

Sekitaran dua bulan lalu kita telah merayakan pesta demokrasi serentak untuk beberapa wilayah di Indonesia.

Pesta demokrasi pada 9 Desember 2020 yang didahului oleh masa pendaftaran serta sosisalisasi pasangan calon mengabiskan kurang lebih total waktu enam bulan.

Kurun waktu enam bulan ini, wajah kota Manado dan beberapa kota serta provinsi di Indonesia pun berubah total di mana terjadi suatu fenomena yang pernah kami angkat sebagai ‘wisata wajah’.

Halaman
123
Editor: maximus conterius
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved