Breaking News:

Berita Tomohon

Pemerintahan Daerah Dinilai Sudah Tak Sehat Jika Satu Pejabat Rangkap 3 Jabatan

Pengamat Politik dan Pemerintahan Dr Stefanus Sampe menilai, sudah sangat tidak sehat jika seorang pejabat merangkap tiga jabatan sekaligus.

Istimewa
Pengamat Politik Sulut, Stefanus Sampe, Ph.D 

Manado, TRIBUNMANADO.CO.ID -- Diundurnya pelaksanaan Pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tomohon membuat nama Dolvin Karwur berpotensi ditunjuk Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Tomohon.

Hal tersebut pun berpeluang membuat Dolvin Karwur menjabat tiga jabatan sekaligus, yakni Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tomohon, Penjabat (Pj) Sekretaris Kota Tomohon, Plh Wali Kota Tomohon jika nanti ditunjuk Gubenur.

Lantas terkait hal ini Pengamat Politik dan Pemerintahan Dr Stefanus Sampe menilai, sudah sangat tidak sehat jika seorang pejabat merangkap tiga jabatan sekaligus.

Dikarenakan hal ini bakal berpengaruh pada pelayanan publik.

"Secara birokrasi Pemerintahan daerah sudah sangat tidak sehat jika seorang pejabat memegang 3 jabatan sekaligus."

"Karena akan berdampak pada pelayanan publik dan tata pemerintahan. Pertanyaannya apakah dia mampu menjalankan tiga tugas  tersebut secara maksimal," ujar Akademisi Unsrat ini.

Lebih lanjut, Sampe menyebut dalam situasi tersebut sudah seharusnya diberikan ke pejabat lain.

Dikarenakan jika 1 pejabat merangkap 3 jabatan itu menandakan sama hal mengabaikan birokrat lain yang sebenarnya siap ditugaskan Plh.

"Ini sama saja meremekan birokrat lain yang sebenarnya bisa ditugaskan menjabat Plh," kata jebolan University Of Caberra ini.

Untuk itu, Sampe menyebut Gubernur dalam bisa saja menunjuk pejabat Pemprov ataupun Gubernur sendiri yang mengambil alih pemerintahan sementara di Kota Tomohon.

"Sangat tepat jika Gubernur menunjuk pejabat Pemprov ataupun yang betul-betul akan fokus menjabat Plh. Juga tak menutup kemungkinan Plh atau Plt Wali Kota Tomohon diambil alih Gubernur. Itu sebagimana dilakukan Mantan Gubernur Sulut Sinyo Harry Sarundajang saat mengambil alih Plt Kota Manado lalu," pungkasnya. (hem)

Pj Sekkot Tomohon Belum Tentu Ditunjuk Jabat Plh Wali Kota, Kumendong: Tunggu Saja Esok

5 Zodiak yang Suka Memberontak, Ada yang Benci Mengikuti Aturan, Apakah Ada Zodiakmu? Cek Disini

Ingat Upin Ipin si Kecil Botak dan Cerewet? Penampilan Terbaru Mereka Jadi Sorotan Loh

Penulis: Hesly Marentek
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved