Breaking News:

Berita Bolmut

Pinogaluman Jadi Lokasi Prioritas Pembangunan Tanggul Penahan Ombak

Pemerintah Kabupaten Bolmut bergegas dengan melalukan hearing bersama Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan (BNPP) dan Kementerian PUPR.

Istimewa
Sekda Bolmut memaparkan kondisi pinggiran pantai Kecamatan Pinogaluman terkait masalah abrasi pantai bersama Kementrian PUPR, dan BNPP. 

Kontributor Tribun Manado, Mejer Lumantow

Manado, TRIBUNMANADO.CO.ID - Kondisi pinggiran pantai di Kecamatan Pinogaluman menjadi prioritas pembangunan oleh Pemerintah Kabupaten Bolmut

Pasalnya, pengikisan pantai yang diakibatkan oleh gelombang laut dan arus laut atau pasang surut membuat kondisi pantai di Kecamatan Pinogaluman tergerus hingga ke pemukiman warga. 

Melihat hal ini, Pemerintah Kabupaten Bolmut bergegas dengan melalukan hearing bersama Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan (BNPP) dan Kementerian PUPR untuk membangun tanggul penahan ombak dipesisir pantai Pinogaluman. 

Terkait hal tersebut, Sekretaris Daerah kabupaten Bolaang Mongondow Utara Dr Drs Asripan Nani M Si mengikuti rapat bersama BNPP dan PUPR dengan memaparkan Kecamatan Pinogaluman untuk menjadi Lokasi Prioritas  pembangunan.

Sekda menyampikan bahwa kondisi abrasi pantai sangat mendesak untuk segera di tanggani dengan pembuatan tanggul penahan ombak, sebab sangat menghawatirkan terhadap penduduk setempat yang terdampak.

"Jadi ada tiga lokasi yang nanti akan dibangun tanggul penahan ombak di perbatasan Pinogaluman yang saat ini mengalami darurat abrasi pantai yaitu di desa Buko, Buko Utara dan Tobulang Pantai," jelas Sekda Bolmut, Senin (15/2/2021). 

Selain itu, Sekda juga memaparkan kondisi daerah aliran sungai (DAS) sungai andagile yang berada di perbatasan Gorontalo Utara dan Bolmut, serta kondisi kesehatan pendidikan dan pasar rakyat kecamatan Pinogaluman menjadi bagian yang di persentasikan untuk mendapat perhatian dari Kementerian terkait. 

"Beberapa wilayah juga menjadi perhatian untuk pembagunan tanggul penahan abrasi sungai diantarannya, Kecamatan Sangkub dan Bintauna dan Kecamatan Bolangitang Timur, Bolangitang Barat

Serta pembangunan jembatan goyo sebagai satu-satunya akses jalan masyarakat setempat yang juga menjadi sentra pertanian di kecamatan Bolangitang Barat," papar Sekda.

Ditambahkan Sekda, bahwa menanggapi hal ini, Deputi BNPP dan Kementerian terkait dalam waktu dekat akan mengunjungi Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. 

"Hal ini sebagai respon terhadap kondisi darurat bencana yang terjadi di Bolaang Mongondow Utara," tutup Sekda. (Mjr).

Jenazah Mantan Gubernur SH Sarundajang Dibawa ke Manado, Tiba di Bandara Sam Ratulangi

JAWABAN SOAL Siswa Kelas 5, Tema 7 Halaman 149 150 151 153 154 155 156 158 159 161 162

Sosok Zainal Arifin Paliwang Gubernur Kalimantan Utara, Baru Dilantik, Ternyata Seorang Jendral

Penulis: Majer Lumantow
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved