Breaking News:

Sarundajang Meninggal

Fabian Kenang Mendiang SHS, Tangani 12 Ribu Pengungsi

Kota Bitung saat itu baru 4 Kecamatan, Bitung Utara, Bitung Tengah, Bitung Timur dan Bitung Selatan.

Dokumentasi pribadi.
Fabian Kaloh di tahun 1999 menggunakan pakaian khas seorang camat. Sebagai Camat Bitung Timur sedang diberi arahan oleh Wali kota Bitung Almarhum SH Sarundajang bersama camat lainnya almarhum Boy Rumawung camat Bitung Utara dan Arnold Karamoy Camat Bitung Bitung Tengah. 

Manado, TRIBUNMANADO.CO.ID - Kenangan tak terlupatan di kemukakan Fabian Kaloh SIP mantan pejabat di Kota Bitung, era kepemimpinan mendiang SH Sarundajang.

Ebi begitu sapaannya ingat betul saat dia pertama kali dipercayakan sebagai Camat Bitung Timur tahun 1999.

Kepada Tribunmanado.co.id, ia menceritakan, waktu itu belum tren sebutan SHS untuk mendiang almarhum Dr (HC) Drs Sinyo Harry Sarundajang (SHS) Wali kota Bitung tahun 1986 - 2000.

"Dulu masih Pak SH Sarundajang, oleh beliau percayakan kami sebagai camat Bitung Timur menggantikan Arnold Karamoy yang digeser sebagai camat Bitung Tengah. Oleh mendiang SH Sarundajang saya, pak Arnold dan almarhum Boy Rumawung camat Bitung Utara diberi nasehat dan wejangan oleh beliau," ujar Fabiah Kaloh menceritakan foto kenangan bersama mendiang SH Sarundajang yang di posting di Facebook, Minggu (14/2/2021).

Karir anggot Fraksi PDI Perjuangan DPRD Bitung saat ini, sebelum dipercayakan alamarhum SH Sarundajang sebagai Camat Bitung Timur waktu itu dari sekretaris kecamatan Bitung tengah di tahun 1996 dan kepala seksi di Dinas Kebersihan.

Kota Bitung saat itu baru 4 Kecamatan, Bitung Utara, Bitung Tengah, Bitung Timur dan Bitung Selatan.

Fabian menceritakan, selain mereka bertiga almarhum Boy Rumawung, Arnold Karampy dan dirinya, ada sosok lainnya yaitu almarhum Kondoy camat Bitung Selatan merupakan jebolan Akademi Pemerintahan Dalam Negeri (APDN).

Ketiga sosok di atas merupakan seniornya, maklum saat itu usia bekas Asisten I Setda kota Bitung di era kepemimpinan Wali kota Bitung Almarhum Hanny Sondakh dan Wakil walikota Bitung Maximiliaan Jonas Lomban  baru 30 tahun.

"Kata banyak orang beliau sangat selektif menempatkan pejabat dan tentu yang benar-benar baik di matanya yang beliau percayakan pada 1 jabatan. Memang saat itu saya sangat kaget, dan tidak sangka secepat itu dapat jabatan Camat, karena masih banyak senior di Bitung, karna itu pula maka saya harus tunjukan kerja maksimal karna setahu saya Walikota yang saat itu masih muda juga adalah seorang pekerja keras," kenangnya.

Selama mengabdi kepada SH Sarundajang, Fabian ingat butul keaktifan mendiang SH Sarundajang dalam HT atau handy talky, hari masih subuh Sarundajang sudah cek kerja penyapu jalan dan mobil pengangkut sampah.

Halaman
12
Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved