Breaking News:

Berita Minahasa

Curah Hujan Meningkat, Lontaan: Hindari Banjir dan Longsor

Kepala BPBD Minahasa Nofry Lontaan beri peringatan bagi masyarakat yang tinggal di daerah rawan banjir dan longsor agar waspada.

Istimewa
Kepala BPBD Minahasa Nofry Lontaan. 

Laporan kontributor Tribun Manado Martsindy Rasuh

Manado, TRIBUNMANADO.CO.ID - Intensitas curah hujan meningkat, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Minahasa memberi peringatan bagi masyarakat yang tinggal di daerah rawan banjir dan longsor agar waspada.

Hal ini ditegaskan Kepala BPBD Minahasa Nofry Lontaan kepada Tribun Manado via telepon, Minggu (14/2).

"Kami sampaikan bagi masyarakat yang berada di lokasi yang sering terdampak banjir segera untuk mengungsi sementara dari area tersebut," tegas Lontaan.

"Kemudian, untuk masyarakat tinggal pada daerah pemukiman apalagi rawan longsor atau berada pada daerah berbukit atau berlereng untuk sementara menghindar dari lokasi tersebut," tegasnya lagi.

Dijelaskannya, memang beberapa wilayah sering terjadi banjir. Misalkan, di wilayah lingkar Danau Tondano, hulu serta hilir Daerah Aliran Sungai (DAS) Tondano.

Dikatakan Lontaan, berdasarkan laporan sering terjadi banjir di wilayah Danau Tondano dan tanah longsor di ruas jalan Tondano - Manado melalui Desa Suluan, juga di Kecamatan Langowan Selatan. Jadi, bagi warga sekitar itu bisa berhati-hati.

BPBD dan pemerintah kabupaten tetap memonitor setiap hari, apalagi jika hujan deras. "Tim kami tetap siaga. Umpama ada kejadian pasti langsung ditindaklanjuti. Pastinya kalau curah hujan meningkat kami terus memonitor," ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakannya, banjir dan tanah longsor bisa saja terjadi, apalagi jika curah hujan tinggi. Oleh sebab itu, diharapkan kepada masyarakat untuk segera menginformasikan bilamana terjadi bencana di lokasi.

Dirinya menambahkan, bagi masyarakat pesisir pantai yang berpotesi gelombang pasang yaitu pantai timur di Kecamatan Kombi, Lembean Timur dan Kakas Barat, kemudian pesisir pantai barat yaitu Kecamatan Tombariri dan Mandolang agar tetap waspada.

"Masyarakat yang tinggal di pesisir pantai pun harus waspada. Jika potensi gelombang tinggi lebih baik menghindar dulu," tuturnya.

"Sesuai data BMKG hujan deras akan melanda beberapa wilayah di Sulut. Oleh sebab itu, masyarakat tetap waspada. Jika terjadi longsor dan banjir segera mengungsi, segera laporkan dan akan langsung ditindaklanjuti.

Fans Heboh, Anya Geraldine Mendadak Pamer Foto Bareng Verrell Bramasta, Rayakan Valentine Bersama?

Sosok Felicia Tissue, Calon Menantu ke Tiga Presiden Jokowi, Kecilnya Mirip Sedah Mirah

Ada apa? Putra Jokowi, Kaesang Pangarep Hapus Semua Foto di IG, Didalamnya Ada Foto Felicia Tissue

Penulis: Martsindy Rasuh
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved