Breaking News:

Virus Corona

Gejala-gejala Covid-19 yang Harus Segera Mendapatkan Perawatan Medis

Sebagian masyarakat telah mengetahui gejala klinis seseorang terinfeksi Covid-19. Namun sebagian masyarakat belum tahu apa saja gejala umum Covid-19.

(SHUTTERSTOCK/Blue Planet Studio)
Ilustrasi ilmuwan mempelajari infeksi Covid-19 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Sebagian masyarakat telah mengetahui gejala klinis seseorang terinfeksi Covid-19. Namun sebagian masyarakat belum tahu apa saja gejala umum Covid-19.

Menurut Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Ditjen P2P Kemenkes Siti Nadia Tarmizi, penularan Covid-19 sering terjadi di klaster keluarga.

Nadia mengatakan, gejala seseorang tertular virus corona tidak hanya pegal saja.

"Gejala-gejala klinis daripada Covid-19 ini sangat luas tidak hanya pegal-pegal saja tetapi sampai sesak napas bahkan batuk yang hebat," kata Nadia dalam diskusi BNPB bertajuk Evaluasi Pelaksanaan PPKM Tahap 2 di Provinsi Jawa-Bali, Senin (8/2/2021).

Nadia mengatakan, masyarakat tentu merasakan gejala Covid-19 sebelum mendatangi fasilitas kesehatan.

Hal ini, kata dia, menyebabkan penularan Covid-19 terjadi di klaster keluarga.

"Masyarakat yang tentunya membawa virus dalam tubuhnya ini tidak menyadari sudah ada virus di tubuhnya, sehingga dua, tiga hari sebelum gejala muncul, jumlah virus paling banyak di tubuh kita," ujarnya.

Oleh sebab itu, Nadia meminta masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan dan mencegah penularan Covid-19 di lingkungan keluarga.

"Ini yang harus kita perkuat juga," pungkasnya.

Secara umum masyarakat mengenal gejala Covid-19 seperti demam, batuk, sesak napas, sakit kepala, kehilangan penciuman maupun perasa, dan masih banyak lagi.

Halaman
1234
Editor: muhammad irham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved