Breaking News:

Berita Bitung

Termasuk Koordinasi, Berikut 5 Tap Dalam Program E-Tle

AKP Awaludin Puhi SIK mengatakan, pihaknya terus mematangkan kesiapan penerapan E-Tle seperti melaksanakan pemantapan dan pentahapan (Tap) Gakkum.

tribunmanado.co.id/Christian Wayongkere
Pelaksanaan tindakan yang dilakukan Satltantas Polres Bitung pada saat Pra E-Tle. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, BITUNG - Ada belasan pelanggaran yang didapat Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bitung saat Pra Electronic Traffic Law Enforcement (E-Tle) di Kota Bitung.

Jenis-jenis pelanggaran tersebut seperti: kendaraan yang tidak ada nomor kendaraan atau TNBK, kendaraan yang melebihi volumen kendaraan dan muatan.

Kasatlantas Polres Bitung, AKP Awaludin Puhi SIK mengatakan, pihaknya terus mematangkan kesiapan penerapan E-Tle seperti melaksanakan pemantapan dan pentahapan (Tap) Gakkum atau penegakan hukum.

"Bentuk kegiatan dalam Pra-Etle Tap Gakkum ini antara lain, patroli di tempat-tempat rawan pelanggaran lalu lintas, imbauan serta penindakan secara humanis kepada pengendara kendaraan yang tidak memiliki TNKB, pendataan serta evaluasi kegiatan," ujar Puhi, Minggu (7/2/2021).

Selain Tap Gakkum, lanjut mantan Kasat lantas Polres Kabupaten Kepulauan Sangihe ini, terdapat 5 Tap lainnya dalam rangkaian Pra-ETLE tersebut yaitu Tap Koordinasi, Tap Sarpras, Tap Infotek, Tap Sistem, serta Tap SDM.

Ia mengurai, Tap Koordinasi adalah pemantapan dan pembuatan MoU antara pemerintah daerah dengan instansi penegak hukum di Kota Bitung.

Sementara Tap Sarpras adalah pemantapan dan pemenuhan perlengkapan pendukung serta teknologi dan jaringan penunjang ETLE.

Kemudian Tap Infotek, adalah pemantapan dan pengembangan sarana informasi dan teknologi seperti metode infografis dan visual lalu lintas, metode media sosial dan perkembangan pendidikan masyarakat lalu lintas yang modern.

Tap Sistem, yaitu pemantapan dan disiplin sistem perpanjangan dan pengesahan STNK wajib balik nama, serta pembuatan sistem cadangan sementara.

Tap Gakkum, adalah pemantapan dan disiplin penindakan kendaraan tanpa nomor polisi, nomor polisi palsu, dan nomor polisi yang tidak sesuai dengan spektek Polri.

Halaman
123
Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved