Breaking News:

Internasional

Prihatin Kudeta Myanmar Menuai Protes Meski  Jaringan Internet Diblokir Militer, Ini Seruan PBB

PBB menekankan kebutuhan untuk menegakkan lembaga dan proses demokrasi, menahan diri dari kekuasaan, dan sepenuhnya menghormati hak asasi manusia

STR/AFP
Suasana saat tentara berjaga di jalan yang diblokade menuju parlemen Myanmar di Naypyidaw, Senin 1 Februari 2021, setelah militer menahan pemimpin de facto negara itu Aung San Suu Kyi dan presiden negara itu dalam sebuah kudeta. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Kudeta Militer Myanmar membuat ribuan masyarakat pengunjuk rasa membanjiri jalan-jalan.

Myanmar menyerukan diakhirinya kudeta militer pada Sabtu (6/2/2021), akses internet negara itu hampir seluruhnya ditutup.

Masyarakat lainnya di seluruh negeri turut memprotes kudeta militer.

Selain itu yang diprotes atas penahanan pemimpin de Facto Aung San Suu Kyi beserta pejabat lainnya pekan lalu.

"Rezim telah memutus semua jalur internet di tengah protes yang sedang berlangsung terhadap #militarycoup," tulis Myanmar Now, sebuah kantor berita independen lokal, di Twitter.

Konektivitas turun sekitar 16 persen pada Sabtu pagi, menurut NetBlocks. Namun hari itu konektivitas terus turun menjadi sekitar 54 persen dari tingkat biasa, kata perusahaan pelacakan internet yang berbasis di London itu.

NetBlocks mengatakan ada penutupan "hampir total" yang berlaku di negara itu. "Pemadaman informasi kemungkinan akan sangat membatasi cakupan protes anti-kudeta," tambahnya di Twitter.

Foto yang diposting online oleh Myanmar Now menunjukkan pengunjuk rasa berbaris di Yangon, kota terbesar di negara itu pada Sabtu (6/2/2021).

Foto lain menunjukkan polisi anti huru hara berbaris di jalan, menurut laporan Business Insider.

Pada 1 Februari, militer Myanmar mengatakan mengambil alih negara dan menahan para pemimpin demokrasi negara itu pada dini hari.

Halaman
1234
Editor: Fistel Mukuan
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved